Walikota Samarinda Sesalkan Pengoperasian Lion Air Terhambat

Syaharie Jaang sangat menyesalkan terhambatnya perizinan pengoperasian maskapai Lion Air di Bandara APT Pranoto, Sei Siring, Samarinda Utara.

Walikota Samarinda Sesalkan Pengoperasian Lion Air Terhambat
TRIBUN KALTIM/NEVRIANTO HARDI PRASETYO
Bandara APT Pranoto saat diabadikan beberapa waktu lalu. Akhir bulan ini, test flight penerbangan akan dilakukan di APT Pranoto. 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Doan Pardede

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Walikota Samarinda Syaharie Jaang sangat menyesalkan terhambatnya perizinan pengoperasian maskapai Lion Air di Bandara APT Pranoto, Sei Siring, Samarinda Utara.

Untuk membahas hal tersebut, Walikota Samarinda memanggil Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Samarinda Ismansyah ke Balaikota Samarinda, Jalan Kesuma Bangsa, Selasa (31/7/2018).

Ismansyah, usai pertemuan menyampaikan bahwa Walikota Samarinda sangat berharap maskapai Lion Air bisa segera beroperasi di Bandara APT Pranoto.

Baca: Prabowo Didukung Ustaz Abdul Somad dan Salim Segaf, Ini Respon PDI-P

Berdasarkan informasi yang diterimanya, kata Ismansyah, pengoperasian maskapai Lion Air ini terhambat di persoalan ground handling yang disebut-sebut belum kunjung memiliki izin dari pengelola bandara APT Pranoto.

Terkait ground handling di Bandara APT Pranoto ini sendiri, manajemen Lion Air telah menunjuk PT Citra Dunia Angkasa (CDA) sebagai mitra.

Baca: Demi Fakultas Kedokteran 8 Calon Mahasiswa Nekat Pakai Joki, Ini Alat yang Digunakan

"Penawaran dari Lion bersama perusahaan yang menangani ground handling itu belum diterima oleh pihak bandara. Ground handling itu, yang mengarahkan pesawat menuju tempat parkir, bongkar muat dan lain sebagainya," ujarnya.

Karena yang menjadi permasalahan bukanlah hal-hal teknis yang tidak bisa ditawar, Pemkot Samarinda berharap agar persoalan ini segera menemui titik temu.

"Kalau bukan masalah teknis, pak Walikota mengharapkan bisa lebih cepatlah didarati pesawat-pesawat sesuai peruntukannya," ujarnya.

Baca: Janji Krisdayanti Jika Dirinya Terpilih Jadi Anggota Legislatif

Pemkot Samarinda sendiri menurutnya akan mencari cara agar lebih banyak maskapai yang beroperasi di Bandara APT Pranoto.

Bahkan bila diperlukan, Walikota Samarinda akan bersurat ke Kementerian Perhubungan, demi percepatan penyelesaian perizinan maskapai-maskapai yang ingin beroperasi di Bandara APT Pranoto Samarinda.

"Ini kan untuk masyarakat Samarinda. Supaya masyarakat Samarinda nggak jauh lagi ke Balikpapan. Sudah berapa puluh tahun kita menunggu," ujarnya. (*)

Penulis: Doan E Pardede
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved