Hit The Festival Wadah Pegiat Industri Kreatif Balikpapan, Ini Harapan Hetifah

Di zaman yang serba digital saat ini, perkembangan industri kreatif semakin menjamur. Banyak anak-anak muda yang sudah aktif

Hit The Festival Wadah Pegiat Industri Kreatif Balikpapan, Ini Harapan Hetifah
IST
Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah menyerahkan penghargaan kepada pemuda kreatif di Balikpapan. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Di zaman yang serba digital saat ini, perkembangan industri kreatif semakin menjamur. Banyak anak-anak muda yang sudah aktif mengimplementasikan ide mereka yang kemudian menjadi salah satu bidang usaha ekonomi.

Hit The Festival (HTF) menjadi salah satu wadah industri kreatif di Balikpapan yang menawarkan beragam market. Digelar selama lima hari, pada 1-5 Agustus 2018 bertempat di Mandau Internasional Skate Park, Komplek Tenis Indoor.

Turut hadir Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dapil Kaltim Kaltara Hetifah, Sestama BEKRAF RI Mesdin Cornelis, Kabid Pemasaran Area III Kementerian Pariwisata Sapto Haryono, Walikota Balikpapan Rizal Effendi, Kepala Disporapar Kota Balikpapan Oemy Facessly, Kepala DLH Kota Balikpapan Suryanto, dan para pegiat industri kreatif Balikpapan lainnya.

Baca: Raih 3 Medali di Kejurnas Junior, PABBSI Berharap Capaian M Fathir Dorong Motivasi Atlet Daerah  

"Ide-ide anak muda kita tampung, kemudian ini menjadi wadah mengimplementasikan ide mereka. Acara ini baru pertama kalinya di Indonesia. Ada 60 tenant yang dilibatkan. Dari mulai kuliner, fashion, kerajinan, dan usaha kreatif lain," kata Hetifah kepada Tribun Kaltim, Rabu (2/8).

Sestama BEKRAF RI Mesdin Cornelis dalam sambutannya mengatakan, mendukung penuh kegiatan HTF, bahkan berharap anak muda di daerah lain di Kaltim-Kaltara juga melakukan hal yang sama. Karena menurutnya Hit The Festival Balikpapan bisa menjadi pelecut mendorong tumbuhnya industri kreatif di kota Balikpapan dan sekitarnya.

"Bagaimana membawa generasi muda menjadi pemain-pemain ekonomi. Jangan ikuti saya, jadi pegawai negeri. Saatnya kita dorong anak usia muda menjadi pengusaha," ucapnya Rabu (1/8).

Baca: Yusriansyah Syarkawie Resmikan Launching Alat Berat Tanggap Darurat

Tidak hanya itu, Walikota Balikpapan, Rizal Effendi mengatakan bahwa industri kreatif menjadi bagian penting tumbuhnya ekonomi di Indonesia, khususnya di Balikpapan. "Balikpapan ingin menjadi pusat industri kreatif di Kaltim dan Kaltara," katanya optimis, Rabu (1/8).

Selain itu, pada kesempatan yang sama, diberikan 10 penghargaan kepada insan kreatif yang bertemakan 'The Next Hit'. Penghargaan ini diberikan bagi mereka pegiat industri kreatif yang telah aktif menjalankan industrinya dari nol.

Baca: Pelatih Timnas U-16 Indonesia Ungkap Strategi untuk Amankan Poin Penuh Kontra Vietnam

"Agenda ini diharapkan bisa menjadi daya dobrak tumbuh kembangnya industri kreatif di Balikpapan," kata Panitia Penyelenggara, Elsa Pasaribu, Rabu (1/8). (*)

Penulis: Imaduddin Abdur Rachim
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved