Pilpres 2019

MUI Jabar Keluarkan Imbauan Terkait Deklarasi #2019GantiPresiden

MUI Jabar mengeluarkan imbauan menyusul gencarnya ajakan unjuk rasa gerakan tagar 2019 Ganti Presiden (#2019GantiPresiden)

MUI Jabar Keluarkan Imbauan Terkait Deklarasi #2019GantiPresiden
DOK TRIBUN KALTIM
Logo Majelis Ulama Indonesia (MUI) 

TRIBUNKALTIM.CO - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jawa Barat mengeluarkan imbauan menyusul gencarnya ajakan unjuk rasa gerakan tagar 2019 Ganti Presiden (#2019GantiPresiden) yang rencananya dilaksanakan di Kota Bandung bulan ini.

Sekretaris MUI Jabar Rafani Achyar mengimbau masyarakat tidak menggelar atau mengikuti aksi politik sebelum masa kampanye Pileg atau Pilpres 2019 dimulai.

Baca: LIVE STREAMING INDOSIAR, Piala AFF U-16 Timnas Indonesia vs Vietnam, Pukul 19:00 WIB

Imbauan untuk tidak menggelar kegiatan politik ini, kata Rafani, dikeluarkan setelah berkaca pada kejadian serupa di Batam yang menuai pro dan kontra dan akhirnya berujung pada suasana yang tidak kondusif.

"Ini hasil kajian bersama, setelah mencermati perkembangan politik di Tanah Air. Supaya politik yang tengah memanas ini tetap di koridornya. Karena kalau tidak terkendali, akan mengganggu kehidupan bermasyarakat dan berbangsa," kata Rafani di Kantor MUI Jabar, Rabu (1/8/2018).

Sekretaris MUI Jabar Rafani Achyar saat ditemui di Kantor MUI Jabar, Rabu (1/8/2018).
Sekretaris MUI Jabar Rafani Achyar saat ditemui di Kantor MUI Jabar, Rabu (1/8/2018). (Tribun Jabar/M Syarif Abdussalam)

Baca: Ustaz Abdul Somad Enggan jadi Cawapres, Ratna Sarumpaet Bersyukur

Rafani menuturkan kini marak politisasi agama, terutama melalui media sosial, termasuk kegiatan deklarasi 2019 Ganti Presiden oleh kelompok tertentu yang dinilai telah menimbulkan konflik.

"Berdasarkan informasi yang kami terima bahwa di Jawa Barat akan ada deklarasi Ganti Presiden pada 11 Agustus 2018 di Kota Bandung berbarengan dengan rangkaian acara kegiatan Asian Games 2018 yaitu pawai obor Asian Games," katanya.

Baca: Demokrat Merasa Cukup Berkoalisi dengan Gerindra untuk Usung Capres-Cawapres

Dengan mengacu kepada Fatwa MUI Tahun 2006 tentang Bentuk dan Eksistensi NKRI, ucapnya, MUI Jabar menyatakan kegiatan bertagar 2019 Ganti Presiden dinilai lebih dominan memiliki unsur provokasi dan mengarah kepada aksi inkonstitusional dibandingkan dengan kegiatan yang menjunjung tinggi demokrasi.

"Karena desakan mengganti presiden sekarang dapat dinilai melanggar hak konstitusional Presiden RI saat ini yang mempunyai hak untuk dipilih kembali. Seharusnya gerakan tersebut menyuarakan ajakan untuk berkompetisi secara sehat tentang calon-calon Pilpres 2019, siapapun calonnya sesuai dengan aturan yang ada dan mengangkat hal-hal positif yang ditawarkan kepada rakyat Indonesia," katanya.

Baca: Kata Politisi Demokrat, "Elektabilitas Ustaz Abdul Somad Rendah, Jangan Jebak Prabowo"

Terkait dengan rencana deklarasi 2019 Ganti Presiden di Jawa Barat yang momentumnya bertepatan dengan penyelenggaraan Asian Games 2018, kata Rafani, MUI Jabar mengimbau agar semua pihak dapat menahan diri.

Masyarakat juga diimbau untuk tidak melaksanakan kegiatan, baik yang pro maupun yang kontra deklarasi tersebut, sehingga kondusifitas Jawa Barat terjaga. (*)



Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Gerakan Tagar 2019 Ganti Presiden Akan Digelar di Bandung Bulan Ini, MUI Jabar Angkat Bicara, http://jabar.tribunnews.com/2018/08/01/gerakan-tagar-2019-ganti-presiden-akan-digelar-di-bandung-bulan-ini-mui-jabar-angkat-bicara. Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Syaiful Syafar
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved