Blok Sangasanga Pindah Tangan ke Pertamina, Ini yang Diharapkan Presiden VICO Indonesia

Tepat per hari ini, Rabu (8/8/2018) VICO Indonesia yang awalnya bernama Huffco telah 50 tahun mengelola Blok Sangasanga di Muara Badak.

Blok Sangasanga Pindah Tangan ke Pertamina, Ini yang Diharapkan Presiden VICO Indonesia
TRIBUN KALTIM/ANJAS PRATAMA
Manajemen VICO Indonesia, SKK Migas, Pertamina Hulu Indonesia serta Pertamina Hulu Sanga-Sanga (PHSS) saat lakukan pembunyian sirine sebagai tanda serah terima kepengelolaan Blok Sanga-Sanga dari VICO Indonesia ke PHSS, di kantor VICO Indonesia, Selasa malam (7/8/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Kaltim Anjas Pratama

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA – Tepat per hari ini, Rabu (8/8/2018) VICO Indonesia yang awalnya bernama Huffco telah 50 tahun mengelola Blok Sangasanga di Muara Badak.

Adanya habis kontrak yang tak diperpanjang pemerintah, membuat Blok Sangasanga akhirnya diserahkan VICO Indonesia ke Pertamina melalui anak perusahaan mereka Pertamina Hulu Sanga-Sanga (PHSS).

Serah terima tersebut dilakukan di kantor VICO Indonesia, Muara Badak hingga tengah malam menuju 8 Agustus.

Baca: Abdul Somad Tolak Jadi Cawapres, Siang Ini Prabowo Subianto Sambangi PKS

Dalam prosesi serah terima, Tumbur Parlindungan, President VICO Indonesia sempat sampaikan dirinya masih optimis Wilayah Kerja (WK) Sanga-Sanga masih menyimpan cadangan minyak dan gas yang bisa diambil sekitar 3 sampai 4 kali lipat dari produksi saat ini.

Diketahui, data pada akhir Juli 2018, produksi minyak dan kondensat WK Sangasanga adalah 10.753 BPOD (barel oil per day), serta gas 80, 7 MMSCFD (million standard cubic feet per day).

Baca: Pendaftaran Capres-Cawapres Ditutup 2 Hari Lagi, Pengamat: Kubu Jokowi dan Prabowo Masih Galau

“Saya yakini produksi di WK Sanga-Sangan masih bisa sekitar 3 sampai 4 kali lipat dari sekarang. Kami berharap pengelolaan WK Sanga-Sanga bisa lebih baik lagi saat dikelola PHSS,” ucap Tumbur Parlindungan, President VICO Indonesia.

Darimana angka 3-4 kali lipat tersebut, juga tak lepas dari kondisi WK Sanga-Sanga yang sudah hampir 20 tahun lebih tak lakukan eksplorasi.

Baca: Mitra Kukar Vs Persib, 3 Laga Tandang Maung Bandung Tuai Hasil Positif

“Itu potensi. Potensi dari lapangan WK Sanga-Sanga yang bisa ditingkatkan. Potensi bisa seperti itu, jika dilakukan ekspolari. Sudah 20 tahun tidak dilakukan ekspolasi di WK Sanga-Sanga. Kalau dieksplorasi, mungkin bisa. Berapa besarannya tunggu barangnya dapat dahulu. Karena sejak 1996 tak pernah eksplorasi untuk semua, minyak dan gas,” ucapnya.

Mengapa selama 20 tahun tak lakukan eksplorasi, juga tak lepas dari lamanya proses perpindahan operator dari VICO ke Pertamina.

Baca: Saksikan Pola Permainan Malaysia Vs Laos, Ini Pesan Fakhri Husaini untuk Timnas U-16 Indonesia

Halaman
123
Penulis: Anjas Pratama
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved