Muslihuddin: Layanan pada TKI Harus Lebih Baik, Tenaga Kerja Lokal Harus Diutamakan

Aktivitas perlintasan antar negara di Kalimantan Utara semakin hari dirasa semakin perlu ditingkatkan pelayanannya.

Muslihuddin: Layanan pada TKI Harus Lebih Baik, Tenaga Kerja Lokal Harus Diutamakan
TRIBUN KALTIM/MUHAMMAD ARFAN
Muslihuddin (kanan) anggota Komite III DPD RI berbincang dengan Sekretaris Disnakertrans Kalimantan Utara Chairul Anwar Almamun (kiri) di Kantor Disnakertrans Kalimantan Utara, Kamis (9/8/2018). 

Laporan wartawan Tribunkaltim.co, Muhammad Arfan

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Aktivitas perlintasan antar negara di Kalimantan Utara semakin hari dirasa semakin perlu ditingkatkan pelayanannya.

Anggota Komite III Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI KH Muslihuddin Abbdurrsyid menjelaskan, pemerintah (pusat) perlu segera merealisasikan rencana-rencana pembangunan infrastruktur dan perbaikan sistem di kawasan-kawasan perbatasan Kalimantan Utara-Sabah.

Apalagi di Kalimantan Utara terdapat daerah perlintasan antar negara yang paling sibuk yaitu perlintasan di Pulau Nunukan dan Pulau Sebatik ke Tawau, Sabah.

Baca: 3 Olahraga Berikut Bisa Bikin Perut Sixpack Loh. . .

"Banyak calon tenaga-tenaga kerja Indonesia dari beberapa daerah di Tanah Air melewati jalur Nunukan dan Sebatik. Saya kira di sana perlu ada perbaikan pelayanan dari hari ke hari. Baik dari kelengkapan surat-surat calon TKI kita maupun kesiapan infrastruktur di sana," kata Muslihuddin usai bertemu jajaran Disnakertrans Kalimantan Utara, Kamis (9/9/2018).

Demikian juga perlintasan darat di wilayah Kabupaten Nunukan dan Kabupaten Malinau seperti di Long Bawan dan Long Nawang.

Rencana pemerintah untuk mendirikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) perlu direalisasikan cepat.

"Perlintasan di Kalimantan Utara ini bisa dikatakan lebih intensif dibandingkan dengan perlintasan di Entikong dan perbatasan lainnya di wilayah Timur. Jadi perbaikan infrastruktur perlintasan perlu segera dipacu," katanya.

Baca: Sandiaga Kandidat Cawapres Prabowo, Ini yang Dilakukan PAN

Persoalan identitas kewarganegaraan juga menurutnya sangat penting.

Muslihuddin mengatakan, TKI harus difasilitasi oleh pemerintah dan pemerintah daerah agar bisa mendapatkan identitas kewarganegaraannya dengan mudah.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved