Poltekba Latih Koperasi SDL YBBSU, Ajari Laporan Keuangan Berbasis Akral

Tim pengabdian masyarakat jurusan Perbankan dan Keuangan Politeknik Negeri Balikpapan memberikan pelatihan kepada 40 karyawan

Poltekba Latih Koperasi SDL YBBSU, Ajari Laporan Keuangan Berbasis Akral
IST
Tim pengabdian masyarakat jurusan Perbankan dan Keuangan Politeknik Negeri Balikpapan memberikan pelatihan kepada 40 karyawan koperasi SDL YBBSU Balikpapan, Rabu (8/8). 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Tim pengabdian masyarakat jurusan Perbankan dan Keuangan Politeknik Negeri Balikpapan memberikan pelatihan kepada 40 karyawan koperasi SDL YBBSU Balikpapan. Pelatihan meliputi tata kelola keuangan yang akuntabel dalam penyusuan laporan keuangan berbasis akrual awal Juli lalu.

Ketua Pengabdian Masyarakat Jurusan Perbankan dan Keuangan Poltekba Nur Vita Opu menjelaskan laporan keuangan berbasis akrual ini menyandingkan pendapatan dan biaya pada periode saat terjadinya, bukan pencatatan saat pendapatan diterima ataupun biaya dibayarkan.

Dalam pencatatan akuntansi berbasis akrual selain mencatat transaksi pengeluaran dan penerimaan kas, juga mencatat jumlah hutang dan piutang organisasi. Oleh karena itu, akuntansi berbasis akrual memberikan gambaran lebih akurat atas kondisi keuangan organisasi daripada akuntansi berbasis kas.

Baca: Tak Disediakan Air dan Bola Resmi Saat Latihan Perdana, Timnas Taiwan Protes pada Ofisial

"Metode ini diharapkan memberikan solusi bagi Koperasi SDL YBBSU. Karena memang permasalahan yang mereka hadapi masalah kompetensi pengurus dalam pengelolaan keuangan. Pelatihaanya memang akhir Juli tapi bimbingan teknis terus kami lakukan"katanya Rabu 8/8

Materi pelatihan ini antara lain neraca, perhitungan hasil usaha, laporan kas dan laporan promosi ekonomi anggota. "Jadi kami tidak hanya memberikan pelatihan namun jauh dari itu. Keberlanjutannya memberikan bimbingan teknis hingga benar-benar memahami dengan baik dan bisa menerapka metode penyusunan laporan yang akuntabel,"jelasnya

Ketua Koperasi Syari'ah YBBSU Balikpapan Sri Yuliati menyambut baik pelatihan dari tim Pengabdian Masyarakat Jurusan Perbankan dan Keuangan Poltekba.

Baca: Jawab Tudingan soal Sandi Setor Rp 500 Miliar ke PKS dan PAN, Sekjen Gerindra: Saya Cek Dulu

Pasca pelatihan dan bimbingan teknis terjadi perubahan besar dalam pengelolaan koperasi mulai dari pergantian nama koperasi yang sebelumnya YBBSU menjadi Koperasi Syari'ah YBBSU Balikpapan, dengan anggota meliputi pengurus YBBSU, karyawan dan guru KB dan TK YBBSU, serta karyawan dan guru SD YBBSU.

Terpisah, Ketua Jurusan Perbankan dan Keuangan Poltekba Totok Ismawanto mengatakan permasalah umum yang dialami koperasi di Balikpapan adalah tata kelolah keuangan. Padahal titik nadir dari pengelolaan koperasi masalah pengelolaan keuangan. Keuangan baik anggota sejahtera.

Baca: Denada Ungkap Figur Ini Tak Pernah Berhenti Membantu Dirinya dan Shakira

"Poltekba siap membantu koperasi di Balikpapan dalam menata keuangan terutama dalam menysun laporan keuangan. Apalagi di Balikpapan dari data Disperindakop ada sekitar 400 koperasi dan sekitar 35 persen tidak aktif," tandasnya. (*)

Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved