Balikpapan Diet Kantong Plastik

DLH Balikpapan Belum Mengetahui Inisiatif Perda Larangan Penggunaan Kantong Plastik

DLH Balikpapan menyambut positif atas inisiatif rancangan Peraturan Daerah (Perda) mengenai Larangan Penggunaan Kantong Plastik.

DLH Balikpapan Belum Mengetahui Inisiatif Perda Larangan Penggunaan Kantong Plastik
Tribun Kaltim/Fachmi Rachman
Walikota Balikpapan Rizal Effendi memberikan sambutan pada launching pelaksanaan Perwali Kota balikpapan no 08 tahun 2018 di ruang marketing lounge Borneo bay plaza Balikpapan, selasa (3/7). Pemerintah Kota balikpapan akan melaksanakan perwali tentang penguranfan penggunaan kantong plastik di Balikpapan dengan jalan tidak lagi menyediakan kantong plastik di supermarket 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co Budi Susilo

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Balikpapan menyambut positif atas inisiatif rancangan Peraturan Daerah (Perda) mengenai Larangan Penggunaan Kantong Plastik.

Pastinya, nanti peraturan ini akan menjadi pembeda dari Peraturan Walikota yang sudah ada.

Hal itu diungkapkan, Suryanto, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Balikpapan, kepada Tribunkaltim.co di gedung Walikota Balikpapan usai rapat pagi pada Senin (13/8/2018).

Ia mengatakan, inisiatif rancangan peraturan daerah mengenai larangan kantong plastik belanja merupakan inisiatif dari dewan perwakilan rakyat daerah yang tentu saja perlu disambut positif.

Baca: Gempa di Lombok, Hingga Senin 13 Agustus 2018 Tercatat 436 Korban Meninggal Dunia

Kata dia, inisiatif ini dibaca oleh pemerintah kota sebagai upaya dalam rangka mengurangi sampah plastik yang mencemari di wilayah Balikpapan.

"Saya juga belum denger ini soal Perda inisiatif tapi kalau memang ada usulan seperti itu ya bagus saja," kata Suryanto.

Suryanto pun menegaskan, selama ini Pemerintah Kota Balikpapan bersama beberapa elemen masyarakat seperti komunitas pecinta lingkungan selalu rajin memberikan sosialisasi mengenai Peraturan Walikota tentang larangan kantong plastik.

Baca: Putri Marino tak Suka Ditanya Usia Kehamilannya, Begini Jawaban Pamungkasnya

Artinya, jelas dia, aturan ini sudah diberlakukan beberapa bulan yang lalu pastinya ini menjadi konsekuensi tersendiri bagi para pengelola pusat perbelanjaan modern termasuk masyarakat atau konsumen yang biasa belanja di pasar modern.

Terkait dengan adanya usulan pembuatan peraturan daerah larangan penggunaan kantong plastik pastinya nanti tidak hanya berlaku bagi pusat perbelanjaan modern namun juga bagi seluruh semua masyarakat termasuk pasar tradisional.

"Yang lainnya, seluruhnya, mungkin akan dijadikan sasaran penerapan peraturan daerah. Semoga saja. Ini kan semua jadi kesadaran bersama apalagi nanti kalau sudah ada Perda pastinya nanti akan ada sanksi yang lebih berat," tutur pria berkacamata ini. (*)

Penulis: Budi Susilo
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved