Balikpapan Diet Kantong Plastik

DPRD Balikpapan Inisiasi Raperda Larangan Kantong Plastik, Begini Alasannya

Bila Perda nanti benar-benar jadi, berarti bakal menjadi pertama kalinya Perda di Indonesia dan memiliki sanksi berupa denda.

DPRD Balikpapan Inisiasi Raperda Larangan Kantong Plastik, Begini Alasannya
TRIBUN KALTIM/BUDI SUSILO
Sampah jenis plastik cemari kawasan Pantai Sosial, Kelurahan Lamaru, Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur pada Jumat (10/8/2018) pagi. 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co Budi Susilo

TRIBUNKALTIM.CO BALIKPAPAN - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan menggagas inisiatif rancangan Peraturan Daerah (Raperda) mengenai Larangan Penggunaan Kantong Plastik Belanja.

Targetnya, dalam dua bulan ke depan Peraturan Daerah (Perda) sudah bisa ditelurkan.

Demikian diutarakan oleh Syukri Wahid, anggota Komisi III DPRD Balikpapan, saat berjumpa dengan Tribunkaltim di gedung DPRD Balikpapan, Jl Jenderal Sudirman, Kota Balikpapan pada Senin (13/8/2018) siang.

Bila Perda nanti benar-benar jadi, berarti bakal menjadi pertama kalinya Perda di Indonesia dan memiliki sanksi berupa denda.

Baca: Putri Marino tak Suka Ditanya Usia Kehamilan, Begini Jawaban Pamungkasnya

"Ini rancangan perda inisiatif dari Komisi III. Kita berharap dari walikota ini dinaikan menjadi peraturan daerah. Saya yakin kalau Perda disahkan akan menjadi percontohan di seluruh Indonesia," katanya.

Menurutnya, dari sisi perbedaan antara Perwali dan Perda pastinya dari sisi sanksinya yang lebih berat karena nanti akan mengatur berupa sanksi ke denda sementara Perwali hanya sebatas instruksi.

Dia pun akui, sekarang ini masih ada masyarakat yang merespon, ada yang memakai kantong belanja sendiri dan sampai masih ada yang lupa belum membawa kantong belanja.

"Kami optimis usulan raperda nanti akan diterima oleh Pemkot," tutur pria yang juga berprofesi sebagai dokter gigi ini.

Dia menegaskan, Perda tentang Larangan Kantong Plastik Belanja ini ditargetkan dalam waktu dua bulan paling cepat bisa rampung.

Baca: Maju Nyaleg DPR RI, Awang Faroek Ishak Mundur per 23 September

Halaman
12
Penulis: Budi Susilo
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved