Tiga Mahasiswa Palembang Promosikan Songket Hingga di Puncak Elbrus Rusia

Tiga pendaki Indonesia Faldi Riswandi, Riza Husin dan Riki Andriansyah berhasil menaklukkan puncak gunung Elbrus, Rusia, 14 Agustus 2018.

Tiga Mahasiswa Palembang Promosikan Songket Hingga di Puncak Elbrus Rusia
istimewa
Membentangkan spanduk Ekspedisi Pemakaian Songket Sriwijaya, anggota tim Mapala Alfedya di puncak gunung Elbrus, Rusia, di ketinggian 5.624 meter di atas permukaan laut. 


TRIBUNKALTIM.CO, MOSKOW - Tiga pendaki Indonesia Faldi Riswandi, Riza Husin dan Riki Andriansyah berhasil menaklukkan puncak Gunung Elbrus, Rusia pada 14 Agustus 2018 lalu.

Mereka mengenakan songket Sriwijaya di puncak gunung yang merupakan gunung tertinggi di Eropa dengan ketinggian 5624 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus M Wahid Supriyadi menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat atas keberhasilan mereka karena turut membawa nama baik bangsa Indonesia.

"Kesuksesan ini merupakan hasil dari niat dan usaha yang kuat. Mencapai puncak Elbrus tidaklah mudah. Selain jalur yang sulit karena salju, cuaca dan suhu dingin juga sangat berpengaruh pada perjalanan," kata Dubes Wahid saat bertemu ketiga pendaki di acara perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-73 di KBRI Moskow, Jumat (17/8/2018) seperti dalam rilis yang disampaikan kepada Tribunnews, Sabtu (18/8/2018).

gunung
Tiga mahasiswa FE Universitas Muhammadiyah Palembang ini mengibarkan bendera Universitas Muhammadiyah Palembang ketika berada di puncak gunung Elbrus, Rusia di ketinggian 5.624 meter dari permukaan laut.  (istimewa)

Baca: Pria Penderita Lou Gehrig Berhasil ke Puncak Gunung Setinggi 1.600 Meter Gunakan Tangan

Baca: Pasca Aksi Bule Nekat, BNPB Larang Wisawatan Mendaki ke Puncak Gunung Agung

Baca: Geger! Statusnya Kritis, Bule Ini Nekat Menerobos ke Puncak Gunung Agung, Ini yang Ia Temukan

Ketiga pendaki adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palembang, Sumatera Selatan yang tergabung dalam Mapala Alfedya.

Mereka tiba di Moskow pada Selasa (7/8/2018) dan melanjutkan perjalanan ke Mineralny Vody kemudian ke Terskol pada Kamis (9/8/2018).

Setelah melakukan aklimatisasi, ketiganya mulai mendaki pada Senin (13/8/2018).

Tiga Pendaki Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang di Puncak Elbrus, 14 Agustus 2018.
Menurut Faldi, sebelum mendaki puncak tertinggi Elbrus, mereka melakukan tiga kali aklimatisasi ke puncak gunung yang berbeda yaitu Gunung Cheget (3.100 mdpl), Gunung Azau (3.700 mdpl) dan Gunung Pastukhov Rocks (4.500 mdpl).

Jalur pendakian yang tidak mudah, berselimut salju abadi, suhu udara yang dingin hingga minus 11 derajat Celcius bahkan sempat mengalami mountain sickness tidak mematahkan semangat untuk mencapai puncak Elbrus.

"Summit attack kami mulai lakukan pada Selasa (14/8/2018) sekitar pukul 03.00 dinihari dan mencapai puncak Elbrus pukul 09.00 pagi," ujar Faldi sambil mengenang perjuangannya.

Gunung
Tiga mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang ini, membentangkan spanduk Songket Sriwijaya di puncak Gunung Elbrus,Rusia pada ketinggian 5.634 mrt dari permukaan laut pada suhu minus 11 derajat celsius.  (istimewa)

Baca: Kreatif, Kotoran Manusia Menggunung di Everest jadi Gas Metana

Baca: Gempa Lombok, Pusat Gempa Berada di Lereng Gunung Rinjani, Ini Penjelasan BMKG

Baca: 1.226 Pendaki yang Terjebak Telah Dievakuasi dari Gunung Rinjani

Halaman
12
Editor: Priyo Suwarno
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved