Saudi Sediakan Kamar Kapsul Gratis untuk Jemaah Haji Beristirahat

Setiap kapsul yang terbuat dari fiberglass itu memiliki panjang kurang dari tiga meter dan ketinggian lebih dari satu meter.

Saudi Sediakan Kamar Kapsul Gratis untuk Jemaah Haji Beristirahat
AFP/Ahmad Al-Rubaye
KAMAR KAPSUL - Seorang pria duduk di dalam kamar kapsul di Mekkah, Arab Saudi, Kamis (16/8). 

TRIBUNKALTIM.CO, MEKKAH - Ada yang berbeda dari ibadah haji tahun ini di Arab Saudi. Kamar kapsul yang biasanya dapat ditemukan di Jepang, kini tersedia di Mina.

Kamar kapsul senilai 1.000 euro atau sekitar Rp 16,7 juta itu memang diimpor dari Jepang, dan disediakan khusus bagi jemaah haji yang ingin tidur siang secara gratis.

Pemerintah Saudi ingin memodernkan praktik ibadah haji yang telah berusia berabad-abad. Manosur al-Amer, kepala badan amal, Haji, dan Mutamer Gift Charitable Association, menyatakan ada 18 hingga 24 kamar kapsul bagi jemaah haji selama beberapa hari mendatang.

Setiap kapsul yang terbuat dari fiberglass itu memiliki panjang kurang dari tiga meter dan ketinggian lebih dari satu meter.

Melansir dari AFP, Sabtu (18/8), terdapat kasur, seprai bersih, pendingin udara, dan cermin besar dengan lampu yang cukup terang.

Kamar kapsul tersebut disusun secara horisotal dan ditumpuk vertikal untuk menghemat ruang. "Kami selalu memikirkan mengenai jemaah dan bagaimana membuat mereka lebih nyaman selama menunaikan ibadah haji," kata Amer.

Fasilitas kamar kapsul untuk tidur siang secara gratis menjadi solusi bagi jemaah yang tidak mampu memesan kamar hotel, namun tetap memerlukan istirahat sebentar.

Setiap jemaah, memiliki akses selama tiga jam untuk menikmati kamar kapsul. Petugas akan membersihkan kapsul ketika jemaah bangun tidur untuk melaksanakan shalat, sehingga kamar dipastikan dalam keadaan bersih sebelum digunakan orang berikutnya. "Ide ini sudah eksis secara global, di Jepang misalnya, dan di beberapa kota di seluruh dunia," ucap Amer.

"Kami yakin ini sangat cocok untuk tempat-tempat yang padat di situs suci kami dan di Mekah," imbuhnya.
Sebelumnya, 12 kamar kapsul telah sukses dipakai dengan sekitar 60 orang memanfaatkan kapsul setiap hari selama bulan suci Ramadhan.

Otoritas Saudi terus mendorong kampanye "smart hajj" untuk memenuhi jumlah jemaah yang semakin meningkat. Selain kamar kapsul, pemerintah Saudi juga mengenalkan aplikasi penerjemah langsung dan perawatan darurat medis. (*)

Artikel ini sudah tayang di kompas.com dengan judul Saudi Sediakan Kamar Kapsul, Jemaah Haji Bisa Tidur secara Gratis https://internasional.kompas.com/read/2018/08/19/11342141/saudi-sediakan-kamar-kapsul-jemaah-haji-bisa-tidur-secara-gratis
Editor: Ahmad Bayasut
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved