Airbus Tawarkan Pesawat Angkut Militer A400M kepada Indonesia

Airbus menawarkan pesawat militer A400M buatan Perancis untuk militer yang saat ini singgah di Indonesia.

Airbus Tawarkan Pesawat Angkut Militer A400M kepada Indonesia
KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG
Pesawat angkut militer Airbus A400M, buatan Perancis sedang melakukan kunjungan sekaligus menawarkan kepada pemerintah Indonesia. 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA-- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno mengatakan bahwa pemerintah telah mendapat penawaran dari pabrikan pesawat Airbus akan pesawat angkut militer A400M. 

Kepastian itu dikatakan Rini saat mengunjungi pesawat A400M milik AU Perancis yag sedang singgah di bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (21/8/2018) pagi.

"Dari Airbus sudah ada penawaran awal," kata Rini usai melihat ke dalam pesawat angkut militer tersebut di apron terminal selatan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta. 

Pesawat angkut militer Airbus A400M, buatan Perancis sedang melakukan kunjungan sekaligus menawarkan kepada pemerintah Indonesia.
Pesawat Airbus A400M Armee de l'Air French Air Force terlihat di Terminal Selatan Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Selasa (21/8/2018). Airbus A400M adalah sebuah pesawat transpor militer bermesin empat turboprop yang berasal dari perancis. (KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG)
Suasana di dalam kokpit pesawat Airbus A400M untuk angkut militer.
Suasana di dalam kokpit pesawat Airbus A400M untuk angkut militer. 
Airbus A400M
Airbus A400M  (KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG)

Saat ditanya sudah sampai tahap mana pembicaraan antara pemerintah Indonesia dengan Airbus akan pembelian A400M ini, Rini mengatakan baru tahap awal sekali.

Pemerintah menurut Rini, masih terus melakukan sejumlah pembicaraan lagi dengan Airbus, tentang komitmen apa yang bisa diberikan oleh pabrikan pesawat asal Benua Biru itu.

"Salah satunya apa yang Airbus bisa bantu dengan (PT) Dirgantara Indonesia, dengan N235, N212, sehubungan dengan sertifikasi," kata Rini. 

Airbus A400M
Airbus A400M 
Airbus A400M
Airbus A400M 
Airbus A400M
Airbus A400M (kompas.com)
Kabin pesawat angkut militer Airbus A400M buatan Perancis.
Kabin pesawat angkut militer Airbus A400M buatan Perancis. (kompas.com)

Diketahui pesawat N212 buatan PT DI saat ini tengah melakukan serangkaian uji coba untuk mendapatkan sertifikasi dari badan-badan penerbangan, baik di dalam negeri maupun luar negeri, sebelum bisa dioperasikan secara komersil. 

Pemerintah Indonesia sendiri sebelumnya dikabarkan berminat membeli 2 unit Airbus A400M. Namun pesawat militer ini akan lebih difungsikan untuk mengangkut berbagai kebutuhan pokok, ke wilayah-wilayah Indonesia timur.

Ruang angkut pasukan dan barang dalam pesawat angkut militer buatan Perancis Airbus A400M.
Ruang angkut pasukan dan barang dalam pesawat angkut militer buatan Perancis Airbus A400M. (kompas.com)
Ruang kokpit, tempat utama untuk mengendalikan pesawat angkut militer Airbus A400M buatan Perancis, yang saat ini sedang hadir di Lanud Halim Perdana Kusuma.
Ruang kokpit, tempat utama untuk mengendalikan pesawat angkut militer Airbus A400M buatan Perancis, yang saat ini sedang hadir di Lanud Halim Perdana Kusuma. (kompas.com)
Airbus A400M
Airbus A400M (thinkdefence.co.uk)

Kabar ini pertama kali terendus dari situs Defense News pada Maret 2018. Menteri BUMN juga sudah beberapa kali melihat langsung A400M, salah satunya di ajang Singapore Airshow 2018, Februari lalu. 

Airbus A400M adalah pesawat transpor militer bermesin empat turboprop. Pesawat ini dirancang oleh divisi militer Airbus untuk mengganti atau melengkapi pesawat yang digunakan dalam peran angkutan udara taktis. 

Meski demikian, pemerintah Indonesia ingin memfungsikannya untuk mengangkut logistik ke wilayah Indonesia timur, sebagai bagian dari upaya pemerataan pembangunan. (RESKA K. NISTANTO)

Editor: Priyo Suwarno
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved