Dinkes Kaltim Belum Terima Surat Legal Fatwa MUI Terkait Vaksin MR

Diketahui, Komisi Fatwa MUI telah keluarkan fatwa Nomor 31/ 2018 Tentang Penggunaan vaksin Measless dan Rubella untuk imunisasi.

Dinkes Kaltim Belum Terima Surat Legal Fatwa MUI Terkait Vaksin MR
TRIBUN KALTIM/ANJAS PRATAMA
Kabid P2PL (Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan) Dinkes Kaltim, Soeharsono. 

Laporan Wartawan Tribun Kaltim Anjas Pratama

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA – Adanya pemberitaan di media massa mengenai sudah keluarnya fatwa MUI pusat untuk vaksin Measles Rubella (MR), ikut dijawab Dinkes Kaltim saat dikonfirmasi Selasa (21/8/2018).

Diketahui, Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah keluarkan fatwa Nomor 31/ 2018 Tentang Penggunaan vaksin Measless dan Rubella untuk imunisasi.

Inti fatwa tersebut, vaksin Measles Rubella (MR) diperbolehkan digunakan, meskipun pada dasarnya vaksin yang diimpor ternyata mengandung babi.

Memukau di Pembukaan Asian Games 2018, Beginilah Kisah Awal Mula Diciptakannya Tari Ratoh Jaroe

Mengandung babi dan otomatis haram, tiga alasan menjadi penyebab vaksin MR diperbolehkan.

Pertama, yakni kondisi keterpaksaan, kedua belum ditemukan vaksin MR yang halal dan suci (sampai sekarang), dan ketiga adalah adanya keterangan ahli tentang bahaya yang ditimbulkan jika tidak melakukan vaksin MR.

4 Pemain Basket Jepang yang Sewa PSK di Blok M Jakarta Dihapus dari Tim Olimpiade 2020

Untuk fatwa MUI tersebut, Kabid P2PL  (Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan) Dinkes Kaltim,  Soeharsono, sebut jika surat legal fatwa ini belum diterima ke daerah sampai saat ini.

“Resminya kami belum terima. Kami harus menunggu surat resmi yang ditandatangani MUI. Arahan Dirjen juga begitu untuk menunggu dari MUI,” ucapnya, Selasa (21/8/2018). 

Timnas U-23 Indonesia - Hong Kong Menang 3-1, Luis Milla Apresiasi Dukungan Penonton

Meski dalam status menunggu surat legal untuk fatwa MUI tersebut, diakuinya vaksin MR di daerah, sampai saat ini masih tetap dijalankan.

Halaman
12
Penulis: Anjas Pratama
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved