Heroik, Pilot Berhasil Mendaratkan Pesawat saat Roda Depan Tidak Mau Keluar

Pilot dipuji sebagai pahlawan setelah sukses menyelamatkan pesawatnya meski mendarat tanpa roda depan di landasan pacu.

Heroik, Pilot Berhasil Mendaratkan Pesawat saat Roda Depan Tidak Mau Keluar
YouTube/Mirror
Foto yang diambil dari tangkapan layar video ini memperlihatkan saat-saat pesawat Bombardier Dash 8 milik maskapai penerbangan LC Peru mendarat darurat di bandara internasional Lima, Minggu (19/8/2018) tanpa roda depan sehingga memicu percikan api. 

TRIBUNKALTIM.CO, LIMA-- Seorang pilot dipuji sebagai pahlawan setelah sukses menyelamatkan pesawatnya meski mendarat darurat tanpa roda depan, sehingga mengakibatkan percikan api di landasan pacu.

Tidak hanya pesawatnya yang selamat dari kehancuran, seluruh ke-64 penumpang dan awaknya juga tidak mengalami luka yang berarti.

Pesawat jenis Bombardier Dash 8 Q-402 ini melakukan pendaratan darurat di bandara internasional Jorge Chavez di Lima, Peru, Minggu (19/8/2018).

Foto yang diambil dari tangkapan layar video ini memperlihatkan saat-saat pesawat Bombardier Dash 8 milik maskapai penerbangan LC Peru mendarat darurat di bandara internasional Lima, Minggu (19/8/2018) tanpa roda depan sehingga memicu percikan api.
Foto yang diambil dari tangkapan layar video ini memperlihatkan saat-saat pesawat Bombardier Dash 8 milik maskapai penerbangan LC Peru mendarat darurat di bandara internasional Lima, Minggu (19/8/2018) tanpa roda depan sehingga memicu percikan api. (YouTube/Mirror)

Baca: Ada Ancaman Bom, Sembilan Pesawat Komersial Mendarat Darurat di Tiga Negara Berbeda

Baca: Sebanyak 33 Penumpang Ryanair Keluarkan Darah dari Hidung dan Telinga, Pesawat Mendarat Darurat

Baca: Pesawat Transavia Mendarat Darurat, Penumpang Muntah dan Pingsan Ternyata Ini Penyebabnya

Menurut pernyataan resmi LC Peru, maskapai pemilik pesawat itu, penerbangan 1323 tersebut berangkat menuju kota Ayacucho. Namun, saat mengudara pilot menemukan msalah sehingga memutuskan untuk kembali ke bandara internasional Lima.

Akibat menunggu antrean, pesawat ini terpaksa berputar-putar selama beberapa menit sebelum mendapat izin mendarat. Namun, saat akan mendarat terjadi masalah lain.

Roda depan pesawat ternyata tidak bisa dikeluarkan. Tak ada pilihan pilot nekat mendaratkan pesawat tanpa roda depan, alhasil hidup pesawat "mencium" landasan pacu.

VIDEO- Saat Menegangkan Pendaratan Pesawat Tanpa Roda Depan

Baca: Pesawat Xpress Air Mendarat Perdana di Bandara APT Pranoto, Pilot tak Lagi Spot Jantung

Baca: Uji Coba Penerbangan, Wings Air Mendarat Mulus di Nunukan

Baca: Bukan Karena Kereta Lewat, Jalan Raya Ini Ditutup Sementara untuk Jadi Landasan Pesawat Mendarat

Rekaman video memperlihatkan bagaimana hidung pesawat itu terseret di sepanjang landasan pacu sehingga memercikkan api ke mana-mana.

"Kami amat mengapresiasi manuver sempurna pilot kami yag sukses mengendalikan situasi dengan cara yang amat mengagumkan," ujar juru bicara maskapai penerbangan LC Peru.

Pihak maskapai menambahkan, mereka akan menggelar investigasi untuk memastikan penyebab terjadinya masalah tersebut. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Roda Depan Tak Bisa Keluar, Hidung Pesawat Ini "Cium" Landasan Pacu", https://internasional.kompas.com/read/2018/08/21/07375911/roda-depan-tak-bisa-keluar-hidung-pesawat-ini-cium-landasan-pacu.
Penulis : Ervan Hardoko
Editor : Ervan Hardoko

Editor: Priyo Suwarno
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved