Gempa Bumi

Pemkab PPU Belum Putuskan Nilai Bantuan untuk Gempa Lombok, Ini Alasannya

Pemkab PPU telah menerima surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada, Selasa (21/8/2018) lalu, mengenai bantuan

Pemkab PPU Belum Putuskan Nilai Bantuan untuk Gempa Lombok, Ini Alasannya
tribunnews.com
Pada hari Minggu (19/8), NTB masih terus diguncang-guncang gempa dengan berkekuatan besar 5,4 SR, 6,5 SR dan pada malam hari sekitar pukul 22.20 alami gempa berkekuatan 6,9 SR. 

TRIBUNKALTIM.CO - Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) belum memastikan apakah akan memberikan bantuan kepada Nusa Tenggara Barat (NTB) yang terkena musibah gempa.

Sebelumnya, Pemkab PPU telah menerima surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada, Selasa (21/8/2018) lalu, mengenai bantuan untuk gempa di Lombok.

Sekda PPU, Tohar, Kamis (23/8/2018) menjelaskan, surat edaran tersebut menghimbau kepada seluruh kabupaten/kota maupun provinsi untuk membantu gempa di Lomboknamun surat edaran ini sifatnya tidak wajib untuk dilaksanakan.

Tohar menjelaskan, meski sifatnya tidak wajib namun hal ini perlu dibantu karena sifatnya kemanusian.

Baca: Tiga Presenter Andre, Desta dan Vincent Bergaya Bersama Tiga Vespa Kesayangannya

Tohar mengatakan, untuk bantuan untuk Lombok belum dianggarkan di APBD 2018 karena sifatnya adalah bantuan keuangan.

Namun demikian, bantuan tersebut bisa dianggarkan di APBD Perubahan dan bila belum bisa maka bisa dianggarkan untuk APBD 2019 mendatang. Untuk menganggarkan di APBD bantuan keuangan bagi Lombok, masih harus dibicarakan dengan pimpinan termasuk dengan DPRD PPU.

Tohar mengatakan bantuan untuk Lombok dinilai merupakan hal yang lumrah diberikan daerah, karena tidak menutup kemungkinan juga akan mengalami bencana dan berharap bantuan dari kabupaten/kota di Indonesia.

"Kita juga tidak tahu, siapa tahu di kemudian hari misalnya PPU kena bencana pasti juga berharap bantuan dari kabupaten/kota. Ini kan dari sisi kemanusian," jelasnya.

Ia mengaku, selama ini Pemkab PPU sering memberikan bantuan untuk daerah yang terkena musibah. Bahkan pernah memberikan bantuan saat gempa di Yogyakarta.

Pada saat itu, Pemkab PPU membangun satu unit sekolah dengan tiga ruangan yang hancur karena musibah gempa. "

Di Yogyakarta itu kami bangun satu unit sekolah dan sampai sekarang masih digunakan," ucapnya.

Baca: Tempo Enam Jam, Tiga Wilayah Indonesia Diguncang Gempa: Bali, Lampung dan Tasikmalaya

Bukan hanya itu lanjutnya, juga pernah membantu saat bencama banjir bandang di Manado, Sulawesi Utara juga dengan membangun sekolah, serta memberikan bantuan untuk masyarakat di Kabupaten Kutai Barat saat terjadi banjir besar tahun lalu di daerah itu.

"Jadi jauh sebelumnya Pemkab PPU sudah sering memberikan bantuan untuk daerah yang terkena musibah," katanya.

Penulis: Samir
Editor: Januar Alamijaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved