Asian Games 2018

Ini Alasan Kenapa Banyak Para Atlet Mengigit Medali yang Mereka Peroleh Ketika Difoto

Atlet yang memenangkan suatu pertandingan seringkali menggigit medali ketika difoto, seperti yang terjadi di Asian Games 2018.

Ini Alasan Kenapa Banyak Para Atlet Mengigit Medali yang Mereka Peroleh Ketika Difoto
ANTARA FOTO | INASGOC | SUNYOTO
Defia Rosmaniar 

TRIBUNKALTIM.CO - Atlet yang memenangkan suatu pertandingan seringkali menggigit medali ketika difoto, seperti yang terjadi di Asian Games 2018.

Dilansir BolaSport.com dari laman resmi Asian Games 2018, kontingen Indonesia saat ini sudah mengumpulkan 27 medali.

Sebanyak 27 medali tersebut terdiri dari 9 medali emas, 7 medali perak, dan 11 medali perunggu.

Uniknya para atlet ini senantiasa berfoto dengan pose "menggigit medali" ketika bergaya di depan juru kamera.

Kebiasaan para atlet ini ternyata memiliki sejarah khusus loh.

Baca: Lindswell Kwok Beberkan Alasan Mengapa Ingin Pensiun usai Sumbang Medali Emas Asian Games 2018

Lindswell Kwok
Lindswell Kwok (via Kompas.com)

Dilansir BolaSport.com dari Tribun Bangka, pada zaman dahulu medali emas mudah bengkok karena terbuat dari emas murni 24 karat tanpa campuran.

Kebiasaan atlet menggigit medali ini guna memastikan medali yang mereka raih terbuat dari emas asli dan bukan hanya plat metal berlapis emas.

Pasalnya jika medali terbuat dari logam lain yang berlapis emas, gigitan tersebut tidak akan meninggalkan bekas di medali dan hanya akan meninggalkan sedikit goresan saja.

Pebalap MotoGP Beri Dukungan untuk Korban Gempa di Lombok, Jelang MotoGP Inggris 2018 

Wakil Indonesia di cabang olahraga Mountain Bike (MTB), Khoiful Mukhid, Tiara Andini Prastika, Nining Porwaningsih, yang mendapatkan dua medali emas dan satu medali perunggu nomor Downhill, di Sirkuit Bhu Kit Hill, Subang, Senin (20/8/2018).
Wakil Indonesia di cabang olahraga Mountain Bike (MTB), Khoiful Mukhid, Tiara Andini Prastika, Nining Porwaningsih, yang mendapatkan dua medali emas dan satu medali perunggu nomor Downhill, di Sirkuit Bhu Kit Hill, Subang, Senin (20/8/2018). (PBISSI)
 

Hanya saja, medali emas 24 karat terakhir kali dikeluarkan pada Olimpiade Musim Panas di Stockholm, Swedia pada tahun 1912.

Medali emas Olimpiade saat ini sebenarnya terbuat dari 494 gram perak dan 6 gram emas.

Namun kebiasaan unik menggigit medali hingga saat ini masih dilakukan oleh para atlet lantaran sudah menjadi tradisi meski mereka tahu sudah tidak ada gunanya lagi memeriksa kadar emas dalam medali itu.

Banyak fotografer yang akan meminta para atlet berpose menggigit medali demi keindahan foto serta menunjukkan semangat kemenangan si atlet.

(*)

Artikel ini telah tayang di bolasport.com dengan judul, Alasan Kenapa Para Atlet Menggigit Medali Ketika Berpose di Depan Fotografer

Editor: Ayuk Fitri
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved