Pertamina Energi Negeri Sambangi SDN 021 Balikpapan Tengah

Pertamina Energi Negeri (PEN) untuk ke-tiga kalinya kembali dilaksanakan oleh pekerja Pertamina dengan menyebarkan semangat positif

Pertamina Energi Negeri Sambangi SDN 021 Balikpapan Tengah
Tribun Kaltim/Rachmad Sujono
Seorang siswa menempelkan sepucuk kertas berisikan cita-cita masa depan di pohon impian. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Pertamina Energi Negeri yang berlangsung di SDN 021 Balikpapan Tengah, Senin (27/8/2018) 

TRIBUN KALTIM.CO - Pertamina Energi Negeri (PEN) untuk ke-tiga kalinya kembali dilaksanakan oleh pekerja Pertamina dengan menyebarkan semangat positif bagi siswa Sekolah Dasar di Indonesia.

Melalui tema “Menyatukan Energi, Mendukung Literasi”, Pertamina Energi Negeri (PEN) 3 ini dilaksanakan sebagai bentuk kontribusi langsung kepada masyarakat untuk berbagai pengetahuan khususnya membaca, serta bersentuhan langsung dengan dunia pendidikan sebagai wujud konkrit keterlibatan pekerja dalam kegiatan sosial.

PEN 3 berlangsung secara serentak di 17 lokasi wilayah operasi Pertamina, yakni di Aceh, Medan, Dumai, Pekanbaru, Jambi, Prabumulih, Palembang, Jakarta, Balongan (Indramayu), Cilacap, Semarang, Surabaya, Balikpapan, Tanjung, Makassar, Jayapura dan Kasim.

PEN 3 Balikpapan sendiri melibatkan 78 Relawan yang merupakan para Pekerja Pertamina dan Anak Perusahaan Pertamina dan lebih dari 1.500 siswa dari 6 sekolah dasar antara lain MI Al-Ula Balikpapan Barat, SDN 019 Balikpapan Barat, SDN 021 Balikpapan Tengah, SDN 008 Balikpapan Utara, SDN 011 Balikpapan Utara, dan SDN 013 Penajam Paser Utara.

Baca: Bantu Korban Gempa Lombok, Ketua DPRD Berau : Kalau Bisa Lebih dari Rp 1 Miliar

GM Pertamina RU V, Feri Yani mengatakan kegiatan mengajar PEN ini merupakan kegiatan yang rutin dilakukan oleh para pekerja Pertamina tiap tahunnya secara sukarela.

Tentu perusahaan sangat mendukung penuh kegiatan ini. Melalui program tanggung jawab sosialnya Pertamina memberikan bantuan sarana penunjang kegiatan belajar mengajar untuk masing-masing sekolah.

“Para relawan juga kami berikan izin satu hari meninggalkan pekerjaan, agar dapat fokus membangkitkan semangat kecintaan para siswa Sekolah Dasar terhadap Indonesia salah satunya melalui kecintaan terhadap Pertamina. Untuk itu perusahaan juga memberikan fasilitas bagi para relawan agar dapat mendukung kelancaran kegiatan tersebut. Dan karena itu pula perusahaan memberikan apresiasi kepada semua pekerja yang terlibat di dalam kegiatan ini”, tutur Feri.

Baca: Update Klasemen Perolehan Medali Asian Games 2018, Indonesia Naik Peringkat ke-4

Adapun beberapa kegiatan yang dilangsungkan di PEN 3 Balikpapan antara lain; pertama, mengajar para siswa dengan materi tata nilai perusahaan yang bisa diterapkan secara universal sebagai topik pendidikan karakter sepeti kejujuran, berprestasi, percaya diri, berbagi, kreatif dan berpengetahuan, pengenalan profesi-profesi di Pertamina dan materi penghematan energi. Kedua yaitu memberikan ruang sharing untuk para guru dan wali murid. Ketiga adalah pemberian bantuan program tanggung jawab sosial perusahaan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar siswa.

Ketua Koordinator PEN 3 Balikpapan Joko Priyambodo juga mengatakan walaupun kegiatan ini bersifat sukarela, namun tiap tahun jumlah relawan selalu meningkat.

Tidak hanya jumlah, beberapa relawan ada yang bertugas di wilayah yang cukup jauh dari lokasi kegiatan bahkan tidak jarang yang berasal dari pulau lain.

Hal ini menunjukkan bahwa para banyak pekerja Pertamina yang sangat antusias. Budaya kerelawanan para pekerja juga cukup tinggi, hal ini dapat diketahui dari para relawan yang secara mandiri menyiapkan rencana kegiatan mengajar, perlengkapan yang dibutuhkan dan biaya yang mungkin timbul dari kegiatan tersebut..

Penulis: Jino Prayudi Kartono
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved