Berita Eksklusif

Caleg Millenial Asal Kaltim Ikut di Pileg 2019, Ini Tanggapan Pengamat Politik Unmul

Fenomena maraknya calon legislatif (caleg) muda atau millenial pada Pileg 2019, khususnya di Kaltim menurut saya bagus

Caleg Millenial Asal Kaltim Ikut di Pileg 2019, Ini Tanggapan Pengamat Politik Unmul
IST
Prof DR Muhammad Noor 

Oleh: Mohamad Noor, Dekan Fisipol Unmul
TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Fenomena maraknya calon legislatif (caleg) muda atau millenial pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2019, khususnya di Kaltim menurut saya bagus. Ini membuat dinamika politik bisa menjadi angin baik bagi perpolitikan di Indonesia. Khususnya untuk jalannya pemerintahan, baik level pusat dan daerah.

Banyak tokoh muda yang barangkali punya potensi, pengetahuan bagus tentang kenegaraan dan pemerintahan. Ini menjadi semacam arus balik bagi pembaharuan pemerintahan di Indonesia dan Kaltim.

Kita berharap bahwa tokoh muda ini maju tidak sekadar modal nekat. Tapi juga punya kemampuan mumpuni dalam program memajukan dan mensejahterakan masyarakat.

Baca: Sambil Genggam Tangan Sang Istri, Ridwan Kamil Minta Doa untuk Atalia yang akan Jalani Operasi

Saya banyak bicara dengan tokoh muda Kaltim yang jadi calon legislator. Rata-rata mereka punya semangat dan motivasi kuat memajukan masyarakat.

Soal peluang, caleg millenial ini harus bekerja lebih keras, karena belum punya nama. Baru mengorbitkan diri. Perlu perjuangan lebih keras dari seniornya.

Kalau politisi kawakan, tentu tinggal petik hasil. Karena sudah dikenal, punya basis massa. Ini membuat caleg pemula harus lebih kompetitif dan kerja keras untuk dapat dukungan masyarakat.

Kalau soal kinerja saya yakin caleg pemula bila terpilih bisa bersaing dengan politisi-politisi yang sudah senior. Perlu diketahui, tipikal pemilih Kaltim basisnya fanatisme terhadap orang yang sudah mereka kenal. Peluang untuk pemula agak berat, makanya perlu kerja keras.

Baca: Hari Ini, Final Badminton Asian Games 2018 Jonatan Christie Vs Chou Tien Chen, Ini Rekor Pertemuan

Saya melihat upaya caleg millenial untuk memperkenalkan diri sudah luar biasa. Terutama lewat medsos. Medsos ini jadi media yang sangat ampuh.

Dengan adanya medsos, saya memerkirakan pertarungan antara caleg millenial dan senior akan sengit. Dengan medsos, mereka akan punya cara dan strategi memerkenalkan diri. Terutama ke pemilih millenial pula. Kemungkinan terpilih juga tetap ada. (*)

Penulis: Rafan Dwinanto
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved