Jelang Pemilu 2019, Aliansi Pemuda PPU Ingin Suasana Tetap Kondusif

Aliansi Pemuda Penajam Paser Utara (PPU) menggelar aksi damai di depan Gerbang Madani, kilometer 9, Kelurahan Nipah-nipah, Selas (28/8/2018).

Jelang Pemilu 2019,  Aliansi Pemuda PPU Ingin Suasana Tetap Kondusif
Tribun Kaltim/Samir
Aliansi Pemuda Penajam Paser Utara (PPU) menggelar aksi damai di depan Gerbang Madani, kilometer 9, Kelurahan Nipah-nipah 

TRIBUNKALTIM.CO - Puluhan orang yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Penajam Paser Utara (PPU) menggelar aksi damai di depan Gerbang Madani, kilometer 9, Kelurahan Nipah-nipah, Selasa (28/8/2018).

Aksi mereka juga dilakukan di Kantor Bupati sekaligus menyerahkan pernyataan sikap mereka.

Awalnya, puluhan orang ini berkumpul di depan Taman Rozaline dan sempat menyampaikan orasi. Mereka kemudian berjalan menuju persimpangan depan Gerbang Madani.

Baca: Pendaftaran CPNS 2018, Panitia Sudah Masuk Persiapan Final, Pembukaan Pendaftaran Makin dekat

Koordinator aliansi, Setiawan menyampaikan bahwa aksi yang mereka lakukan karena tidak ingin negara ini terpecah belah hanya karena Pilpres 2019.

Bukan hanya itu, juga mendesak agat semua pihak untuk melakukan politik damai, tidak membawa isu sara, intimidasi dan politik uang yang berpotensi memecaj belah persatuan dan kesatuan.

"Kami juga menyerukan semua elemen masyarakat agar tidak terpancing dengan berbagai provokasi yang dilakukan pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab dan tetap menjaga kerukunan walau berbeda dalam pilihan politik," tegasnya.

Baca: Simpan Narkoba, Mahasiswa Asal Samarinda Diamankan Polisi

Bukan hanya itu juga menyerukan kepada elit politik agar tidak memperkeruh suasana menjelang pemilu 2019, dan menghimbau seluruh parpol agar dalam berdemokrasi tidak menciderai nilai-nilai Pancasila.

Selain itu, mereka juga mendesak aparat menolak izin kegiatan apapun yang sarat akan pesan provokatif pada pemilu 2019 yang berpotensi menciptakan konfilik horisontal.

"Kami ingin PPU ini tetap kondusif," jelasnya

Usai menggelar orasi kemudian mereka menyerahkan pernyataan sikap kepada Polres PPU yang diterima Wakapolres Kompol Nina Ike Herawati.

Baca: Mau Liburan ke Korea? Ada Paket Wisata Mulai Rp 8 Juta

Nina menyampaikan bahwa sikap dari Aliansi Pemuda PPU memiliki harapan yang sama dengan Polres PPU agar daerah ini tetap aman dan kondusif.

Bahkan dalam waktu dekat, pihakbya akan menggelar apel pemilu damai.
Usai menyerahkan pernyataan sikap, selanjutnya mereka menyerahkan pernyataan sikap ke Kantor Bupati yang diterima Sekda Tohar.

Sementara itu, dalam aksi ini mereka juga membawa tulisan yang meminta agar tidak ada politisasi sara dan politik uang.

Penulis: Samir
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved