Percepat Pemulihan Korban Gempa di Lombok, Mensos Serahkan Bantuan Rp 5,9 Miliar

Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan kedatangannya kali kedua ke Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat

Percepat Pemulihan Korban Gempa di Lombok, Mensos Serahkan Bantuan Rp 5,9 Miliar
IST
Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita bersama Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Harry Hikmat mengunjungi korban gempa di Sumbawa Barat, Jumat (31/8). Mensos menyerahkan bantuan Rp 5,9 miliar, termasuk PKH. 

TRIBUNKALTIM.CO, SUMBAWA - Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan kedatangannya kali kedua ke Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat melaksanakan amanat Presiden Joko Widodo agar terjun langsung dan memantau proses pemulihan sosial korban gempa.

"Ada dua hal yang ingin saya dapatkan saat saya ke sini, yakni mengetahui langsung dan mengevaluasi penanganan korban bencana di Sumbawa Barat, sekaligus mengevaluasi pelaksanaan program-program bansos di sini ada PKH dan Rastra," kata Agus Gumiwang di hadapan penerima bansos Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Beras Sejahtera (Rastra) di Kantor Bupati Sumbawa Barat, Jumat (31/8).

Mensos mengatakan Presiden Jokowi dengan tegas meminta agar penanganan pascagempa di NTB dapat berjalan dengan baik dan segera memulihkan perekonomian wilayah setempat. Tindak lanjut dari arahan tersebut telah tertuang dalam Inpres No. 5 Tahun 2018 tentang Percepatan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascabencana Gempa di Lombok dan wilayah terdampak di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Baca: Kekompakan Netizen Baru Bisa Luluhkan PSSI, Belum untuk Luis Milla

Kementerian Sosial telah melakukan langkah-langkah tanggap darurat meliputi penyediaan kebutuhan tempat tinggal sementara, pemenuhan kebutuhan makan, dan pengerahan 30 personel Tagana untuk membantu evakuasi dan mengelola dapur umum.

Selanjutnya setelah masa tanggap darurat berakhir 28 Agustus lalu, kini tahap pemulihan sosial, Kemensos memberikan santunan korban meninggal, jaminan hidup, bantuan stimulan untuk membantu meringankan beban ekonomi warga terdampak gempa, dan layanan dukungan psikososial.

Hari ini, lanjutnya, pemerintah hadir menyalurkan bantuan senilai Rp 5,9 miliar. Bantuan tersebut terdiri dari bantuan logistik senilai Rp 1,4 miliar.

Baca: Kenakan Rompi Oranye KPK, Idrus: Tak Ada Masalah, KPK Punya Logika Hukum

Berikutnya bantuan mobil truk serbaguna 1 unit senilai Rp 397.397.000, santunan ahli waris korban meninggal untuk 4 jiwa Rp 60 juta, PKH Tahap III untuk 5.899 KPM senilai Rp 2.949.500.000, dan Rastra Tahap 8 untuk 10.096 KK Rp1.110.560.000.

Pemerintah, lanjut Agus Gumiwang juga mendorong dan mengundang pihak swasta untuk bersinergi dengan pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten untuk bergotong royong membantu korban gempa di Pulau Sumbawa.

Bupati Sumbawa Besar Musyafirin mengatakan warga sangat antusias menyambut bantuan pemerintah, baik PKH, Rastra, maupun logistik tanggap darurat bencana sudah diterima dan sedang tahap pendistribusian.

Baca: Rayakan Hari Jadi, Ini Motto yang Diusung Hotel Aston Samarinda

Ia mengatakan kehadiran Mensos di tengah-tengah warga Sumbawa Barat yang tertimpa bencana menunjukkan perhatian pemerintah pusat sama besarnya seperti perhatian yang diberikan kepada korban gempa di Pulau Lombok. (*)

Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved