Asian Games 2018

Catat, ini Barang Langka Asian Games Layak Koleksi

Beberapa barang koleksi Asian Games yang layak dikoleksi, mengingat nilai sejarahnya yang akan terus meningkat di masa mendatang.

Catat, ini Barang Langka Asian Games Layak Koleksi
Dok. Pos Indonesia
Perangko keluaran khusus Asian Games dari Pos Indonesia.

TRIBUNKALTIM.CO - Penyelenggaraan Asian Games 2018 di Indonesia terbilang sebagai momen langka. Terakhir, Indonesia menjadi tuan rumah pesta olahraga terbesar se-Asia 56 tahun silam tepatnya pada 1962.

Waktu penyelenggaran Asian Games empat tahun sekali, tuan rumah yang bergilir, dan bujet penyelenggaraan yang besar membuat memorabilia Asian Games di Indonesia patut dikoleksi.

Koleksi memorabilia Asian Games sebenarnya sudah dilakukan oleh beberapa orang pada 1962. Hingga akhirnya ada beberapa barang yang kini dapat disaksikan di Galeri Nasional Indonesia dan Museum Sejarah Jakarta.

Beberapa barang koleksi Asian Games yang layak dikoleksi, mengingat nilai sejarahnya yang akan terus meningkat di masa mendatang.

Koleksi pertama adalah tiket masuk. Jangan buang lembaran tiket masuk pertandingan di Asian Games. Apalagi jika pertandingan yang dihadiri tergolong sebagai momen penting. Seperti momen atlet Indonesia menyabet medali emas, momen politisi berpelukan, dan momen lainnya.

Selain tiket masuk pertandingan, tiket masuk pembukaan dan penutupan Asian Games juga layak dikoleksi.
Kedua, yakni suvenir Asian Games 2018. Setiap penyelenggaraan Asian Games selalu memiliki maskot. Tak terkecuali di Indonesia pada 2018, maskot yang dipilih adalah Bhin Bhin, Atung, dan Kaka yang mengandung filosofi indah.

Pilihlah suvenir maskot Asian Games yang tidak mudah rusak dan tidak lekang dimakan zaman. Kabar terbaru, suvenir maskot Asian Games 2018 kini mulai langka jelang penutupan.

Ketiga, adalah aneka barang yang berhubungan dengan Atlet. Ada beberapa atlet yang suka memberi suvenir kepada penonton yang beruntung. Jika belum beruntung, pilihan lain dapat meminta tanda tangan atlet di benda-benda yang berhubungan dengan Asian Games 2018.

Namun perlu diingat, tetap harus menjaga privasi dan keamanan atlet yang ingin diminta tanda tangannya.
Keempat adalah Perangko. Pos Indonesia menerbitkan perangko khusus Asian Games 2018. Jumlah perangko yang diterbitkan secara nasional hanya 40.000 lembar.

Pos Indonesia menyebutkan tidak akan menerbitkan ulang perangko Asian Games 2018 jika sudah habis. Benda ini layak untuk dikoleksi.

Kelima adalah, kliping Berita. Pada penyelenggaraan Asian Games 1962, beberapa orang mengoleksi berita serba-serbi Asian Games. Tidak hanya soal pertandingan tetapi juga soal teknis penyelenggaraan Asian Games.

Meskipun kini di zaman digital, tidak ada salahnya untuk membuat kliping berita koran, digital, dan foto yang disukai dan menurut Anda memiliki nilai berita yang tinggi. (*)

Artikel ini sudah tayang di bolasport.com dengan judul Barang-barang di Asian Games 2018 yang Layak Dikoleksi https://lipsus.kompas.com/pestaasia/read/2018/09/01/140500327/barang-barang-di-asian-games-2018-yang-layak-dikoleksi

Editor: Ahmad Bayasut
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved