Asian Games 2018

Orang Terkaya di Indonesia Ini Terima Bonus Medali Rp 250 Juta, Ini Responnya

BAMBANG Hartono, pria terkaya di Indonesia menerima bonus Rp 250 juta dari pemerintah atas keberhasilannya menyabet medali perunggu

Kolase/kompas/asiangames2018.id
Bambang Hartono 

TRIBUNKALTIM.CO - BAMBANG Hartono, pria terkaya di Indonesia menerima bonus Rp 250 juta dari pemerintah atas keberhasilannya menyabet medali perunggu dari cabang olahraga bridge di gelaran Asian Games 2018.

Bambang Hartono kemudian diundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Istana Negara untuk bersilaturahmi dan penyerahan bonus.

HAL menarik terjadi, ketika Bambang Hartono, pemilik dari satu bank yang sangat populer di Indonesia, yakni Bank Central Asia (BCA), menerima buku tabungan BRI berisi uang bonus. Meski menyandang status sebagai bos BCA, Bambang tak segan-segan memperlihatkan buku tabungan BRI Britama yang baru saja diberikan oleh Presiden.

Baca: Netizen Memuji, Jojo Donasikan Sebagian Bonusnya kepada Korban Gempa Lombok

Para wartawan pun tak ketinggalan menggoda pria yang juga dikenal sebagai pemilik perusahaan rokok Djarum itu. Para wartawan, sambil tertawa, bertanya kepada Bambang "Oh, kok enggak lewat BCA ya pak?"

Bambang pun tertawa, lalu menjawab, "Iya ya, iya,". Bambang mengaku bonus yang diterimanya itu akan ia berikan seluruhnya untuk mengelola cabang olahraga bridge. "Uangnya saya akan kembalikan ke bridge untuk pembinaan. Seluruhnya," ungkap dia kepada wartawan.

Tak hanya itu, ia juga memberikan apresiasi kepada pemerintah atas sistem pemberian bonus yang terbilang sangat cepat. "Bagus sekali, patut diapresiasi karena atlet tidak perlu lagi ke Jakarta untuk balik lagi menerima bonus. Ini sangat efisien," tambahnya.

Di Istana Negara, penyerahan bonus untuk atlet berprestasi diberikan secara simbolis oleh Presiden melalui buku tabungan Bank BRI Britama. Selain menjadi salah satu pemilik Grup Djarum, Bambang juga merupakan pemegang saham mayoritas Bank BCA.

Baca: Sumbang Dua Emas dan Satu Perunggu, Jafro Megawanto Terima Bonus Terbanyak; Ini Akumulasinya

Tak heran jika dihitung kekayaan Bambang Hartono bersama Budi Hartono sebesar 32,3 miliar dollar AS. Dengan kekayaan sendiri sebesar 16,7 miliar dollar AS, Bambang menjadi orang terkaya ke-75 dunia, versi majalah yang sama.

Bambang kini berusia 79 tahun. Ia bertanding di cabang olahraga Bridge. Bambang Hartono sudah lama menekuni olahraga ini. Ia berkali-kali bergabung dalam tim bridge Indonesia untuk kejuaraan internasional. Misalnya, tahun 2015, Bambang ikut tim yang menjuarai APBF Championship 2015.

Pemerintah menepati janjinya dengan memberikan bonus para atlet yang berhasil menyumbangkan medali di ajang Asian Games 2018. Sebelumnya dikabarkan tersebut akan cair setelah closing ceremony Asian Games 2018. Tetapi ternyata, Jokowi memberikan bonus tersebut lebih cepat dari perkiraannya.

Presiden Jokowi secara langsung menyerahkan bonus tersebut kepada para atlet dan pelatih yang mendapat medali di ajang Asian Games 2018. Presiden menyampaikan hal itu dalam Silaturahim Presiden Republik Indonesia dengan para Atlet dan Pelatih Nasional Peraih Medali pada Asian Games XVIII Tahun 2018, sekaligus penyerahan bonus secara simbolis kepada para atlet dan pelatih yang meraih medali.

Baca: MUI Perbolehkan Vaksin MR Digunakan, Walikota Rizal Minta Vaksinasi Dilanjutkan

Acara itu juga dihadiri Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Ibu Mufidah Kalla, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, serta pejabat terkait lainnya. Imam Nahrawi menjelaskan anggaran bonus tersebut berasal dari APBN dan Belanja Anggaran Bendahara Umum Negara yang diserahkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani. (tribun network/kps/ktn/sen/wly)

Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved