Alumni UI Deklarasikan Aliansi untuk Tangkap Radikalisme dan Intoleransi di Kampus

Alumni dan guru besar Universitas Indonesia mendeklarasikan Aliansi untuk Indonesia Toleran untuk menangkal benih radikalisme dan intoleransi.

Alumni UI Deklarasikan Aliansi untuk Tangkap Radikalisme dan Intoleransi di Kampus
capture/tribunVideo
Acara dekalarasi Alumni UI untuk membangun aliansi kaum intelek untuk menangkap gerakan radikalisme dan intoleransi di kampus. 

 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Alumni dan guru besar Universitas Indonesia mendeklarasikan berdirinya Aliansi untuk Indonesia Toleran untuk menangkal benih radikalisme dan intoleransi.

Deklarasi ini dilaksanakan di Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta, Kamis (30/8/2018).

Ketua Presidium Aliansi untuk Indonesia Toleran, Donny Gahral Adian mengatakan tujuan pembentukan aliansi ini untuk menjaga kemajemukan yang ada di lingkungan universitas dan lingkungan pendidikan.

"Semangat toleransi akhir-akhir ini tergerus oleh berbagai sebab. Maka kami dorong pendirian aliansi ini demi menjaga kemajemukan," ujar Donny di Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta, Kamis (30/8/2018).

Acara dekalarasi Alumni UI untuk membangun aliansi kaum intelek untuk menangkap gerakan radikalisme dan intoleransi di kampus.
Acara dekalarasi Alumni UI untuk membangun aliansi kaum intelek untuk menangkap gerakan radikalisme dan intoleransi di kampus. (capture/tribunVideo)

Baca: Hadiri Acara Aktivis 98, Jokowi Mengajak Masyarakat Melawan Intoleransi, Radikalisme dan Terorisme

Baca: Lawan Intoleransi dan Radikalisme, 7 Juli Mahasiswa Kaltim ke Jakarta Ikut Rembuk Nasional

Baca: 7 Kampus Ternama Disebut Terpapar Paham Radikalisme, Alumni IPB Protes Keras!

Donny menyoroti aksi sejumlah narapidana terorisme di Mako Brimob Kelapa Dua Depok pada Mei lalu. Menurutnya hal tersebut menjadi salah satu dorongan sejumlah alumni UI membentuk aliansi ini.

Para alumni ini mengaku tidak ingin lingkungan kampus disusupi paham-paham intoleransi yang berujung pada aksi radikalisme.

"Juga ada aksi terorisme di sejumlah gereja di Surabaya, maka kami pikir lingkungan kampus harus bersih dari penyebaran paham-paham radikal," jelas Donny.

VIDEO- Dekalarasi Amluni UI untuk Menangkal Terorisme dan Intoleransi

Baca: Komunikasi Baik Dalam Keluarga Bisa Cegah Berkembangnya Paham Radikalisme

Baca: Dinas Pendidikan Balikpapan Berantas Radikalisme Melalui Cara Ini

Baca: Masuk Radar BNPT, Tiga Kecamatan di Ibukota Provinsi Ini Rawan Radikalisme

"Ke depan aliansi ini juga akan bekerjasama dengan ikatan alumni di Universitas lain demi menentang sikap radikalisme," tambah Donny.

Dukungan terhadap penentangan aksi intoleran ini pun kemudian didukung oleh Rektor UI, Muhammad Anis yang kemudian mengeluarkan tujuh butir pernyataan demi merespon aksi teror yang terjadi di Indonesia beberapa waktu lalu.

Dalam tujuh butir pernyataan itu kata Donny salah satunya berisi bahwa lingkungan kampus UI menentang keras segala bentuk radikalisme dan terorisme termasuk ujaran kebencian baik di dalam maupun di luar kampus, serta akan menindak tegas setiap warga UI yang melakukan tindakan provokasi yang mengarah pada radikalisme dan memecah belah bangsa.(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Alumni UI Bentuk Aliansi Guna Menangkal Radikalisme di Lingkungan Kampus, http://www.tribunnews.com/pendidikan/2018/09/01/alumni-ui-bentuk-aliansi-guna-menangkal-radikalisme-di-lingkungan-kampus.
Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Samuel Febrianto

Editor: Priyo Suwarno
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved