Dijuluki Super Minister, Politisi Gerindra Sebut Luhut Aktor Penting di Balik Kebijakan Jokowi

Luhut sering melontarkan pernyataan yang berada di luar tugas pokok dan fungsinya sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman.

Dijuluki Super Minister, Politisi Gerindra Sebut Luhut Aktor Penting di Balik Kebijakan Jokowi
KOMPAS.com/Nabilla Tashandra
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Golkar di Banjarmasin, Minggu (21/5/2017). 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Ferry Juliantono mengaku sependapat dengan anggapan bahwa Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan merupakan "tangan kanan" Presiden Joko Widodo.

Luhut, kata dia, juga kerap menjadi "bumper" dari berbagai macam kritik yang dialamatkan pada pemerintah atau Jokowi.

Ia menilai Luhut merupakan sosok atau aktor penting di balik setiap kebijakan Presiden Jokowi.

Menurut Ferry, Luhut sering melontarkan pernyataan yang berada di luar tugas pokok dan fungsinya sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman.

Hal itu membuat banyak pihak juga menjuluki politisi senior Partai Golkar itu sebagai "super minister".

"Sejak periode pemerintahan Presiden Jokowi, banyak langkah-langkah yang dilakukan Pak Luhut di luar ranah kementerian. Jadi memang orang melihat bahwa super minister atau berperan penting atau aktor penting di balik kebijakan yang dikeluarkan oleh Pak Jokowi sebagai presiden," ujar Ferry dalam acara Satu Meja bertajuk 'Gerilya Sang Jenderal' di Kompas TV, Rabu (5/9/2018) malam.

"Menurut saya enggak apa-apa sepanjang bisa mengarahkan Pak Jokowi yang notabene dalam posisi sebagai orang baru yang mendadak jadi presiden yang punya tanggung jawab luas. Jadi Pak Luhut berperan di situ," ucapnya.

Ferry mencontohkan pernyataan Luhut yang dinilai cukup keras terkait kritik berbagai pihak soal kebijakan pemerintah terhadap reklamasi Teluk Jakarta.

Ia juga mencontohkan sikap Luhut yang sangat membela Presiden Jokowi di tengah isu krisis ekonomi dan melemahnya nilai tukar Rupiah terhadap Dollar Amerika Serikat.

Kendati demikian Ferry mengkritik sikap pemerintah yang ia nilai terlalu menutupi lemahnya kondisi ekonomi Indonesia saat ini. Seharusnya, kata Ferry, pemerintah lebih jujur dan terbuka dalam menyampaikan kondisi ekonomi kepada masyarakat.

[Kristian Erdianto]

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Politisi Gerindra Sebut Luhut Aktor Penting di Balik Kebijakan Jokowi",

Editor: Achmad Bintoro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved