Nilai Tukar Rupiah Anjlok, Banggar DPR Minta Sri Mulyani ‎Lakukan Langkah Konkret

Bobby Adhityo Rizaldi meminta Menteri Keuangan Sri Mulyani segera mencari langkah untuk menahan laju pelemahan rupiah.

Nilai Tukar Rupiah Anjlok, Banggar DPR Minta Sri Mulyani ‎Lakukan Langkah Konkret
KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG
Menteri Keuangan Sri Mulyani tiba di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (4/7/2017). Kedatangan Presiden Joko Widodo dalam rangka kunjungan kerja dan dialog ekonomi dengan para pelaku pasar modal. 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS) dalam sebulan terakhir mengundang kekhawatiran dari berbagai pihak.

Pelemahan nilai tukar rupiah dikhawatirkan bisa berdampak menjadi krisis ekonomi.

Karena itu, Anggota Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (Banggar DPR), Bobby Adhityo Rizaldi meminta Menteri Keuangan Sri Mulyani segera mencari langkah untuk menahan laju pelemahan rupiah.

Bukan Chelsea Islan atau Raisa, Ternyata Jonatan Christie Suka Beri Love untuk Seleb Ini

"Diperlukan adanya upaya-upaya konkret dari Menteri Keuangan untuk bisa memulihkan kembali rupiah," ujar Bobby di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (6/9/2018).

Bobby berharap satu cara efektif yang dapat ditempuh dengan tidak mengancam pengusaha yang bukan spekulator.

Asian Para Games 2018 Digelar Oktober Mendatang, Indonesia Targetkan 19 Medali Emas

"Dollar dipengaruhi oleh sentimen pasar. karena itu menambah pasokan tidak akan menolong selama pasar masih yakin bahwa dolar akan terjun ke Rp 15.000 atau bahkan hingga Rp16.000,” katanya.

Lebih lanjut, Politikus Partai Golkar ini pun meminta Sri Mulyani untuk fokus mengalokasikan APBN pada Dana Desa, Dana Alokasi Umum, serta Dana Alokasi Khusus, agar pengeluaran lebih efisien.

Samsung Galaxy Tab A 10.5 Resmi Rilis di Indonesia, Berapa Harganya?

Hal ini dinilai lebih baik daripada intensifikasi pajak mengingat tax ratio Indonesia yang cenderung masih rendah dibanding negara lainnya.

Nilai tukar rupiah sempat dikhawatirkan akan menembus Rp 15 ribu per dollar AS.

Pada Selasa kemarin, nilai tukar rupiah hampir mendekati Rp 15 ribu per dollar AS atau tepatnya sekitar Rp 14.989. (Tribunnews/Taufik Ismail )

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Sri Mulyani ‎Diminta Lakukan Langkah Konkret Atasi Anjloknya Nilai Tukar Rupiah, http://www.tribunnews.com/nasional/2018/09/06/sri-mulyani-diminta-lakukan-langkah-konkret-atasi-anjloknya-nilai-tukar-rupiah.
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved