Sempat Ikuti Trump, Presiden Baru Paraguay Kembalikan Kedutaan ke Tel Aviv

Paraguay sebelumnya menjadi negara ketiga setelah AS dan Guatemala, yang memindahkan perwakilan diplomatiknya ke Yerusalem.

Sempat Ikuti Trump, Presiden Baru Paraguay Kembalikan Kedutaan ke Tel Aviv
EFE/Panamatoday.com
Presiden Paraguay Mario Abdo Benetez 

TRIBUNKALTIM.CO, ASUNCION - Pemerintah Paraguay memutuskan akan kembali memindahkan kedutaan besarnya untuk Israel ke Tel Aviv, setelah sebelumnya sempat membuka kantor diplomatiknya di Yerusalem.

Langkah pemindahan kembali kantor kedutaan Paraguay tersebut diumumkan pada Rabu (5/9/2018).

Presiden baru Paraguay Mario Abdi Benitez, yang mulai resmi menjabat sebagai pemimpin negara pada pertengahan Agustus lalu, memutuskan mengambil langkah tersebut demi berkontribusi pada upaya mewujudkan perdamaian di Timur Tengah.

"Keputusan tersebut demi dapat berkontribusi pada penggiatan upaya diplomatik regional dan internasional yang bertujuan untuk mencapai perdamaian yang luas, adil dan berlangsung lama di Timur Tengah," kata Menteri Luar Negeri Paraguay Luis Alberto Castiglioni dilansir harian Israel Haaretz. 

Presiden Benitez menyebut pemindahan kembali kedutaan besarnya ke Tel Aviv sebagai tindakan yang pantas.

Sebelumnya, keputusan untuk pemindahan kantor kedutaan dari Tel Aviv ke Yerusalem diambil oleh Horacio Cartez saat masih menjabat sebagai presiden Paraguay.

Meskipun, pada saat itu Benitez telah diumumkan sebagai pemenang pemilihan presiden dan mengaku tidak diajak berkonsultasi.

Pemindahan tersebut diputuskan tak lama setelah Presiden AS Donald Trump menyampaikan pengakuannya terhadap Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan rencana Washington merelokasi kedutaannya ke kota suci itu.

Saat itu, Paraguay menjadi negara ketiga setelah AS dan Guatemala, yang memindahkan perwakilan diplomatiknya ke Yerusalem.

Cartez bahkan diketahui turut hadir dan mendampingi Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dalam upacara peresmian kedutaan AS di Yerusalem pada bulan Mei 2018.

[Agni Vidya Perdana]

Sumber: AFP,Haaretz,Al Jazeera

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Presiden Baru Paraguay Kembalikan Kedutaan di Israel ke Tel Aviv",

Editor: Achmad Bintoro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved