Ibadah Haji 2018

Sambut Kedatangan Jemaah Haji Asal Samarinda, Kemenag Siapkan 11 Bus

Kepulangan jemaah haji asal Kalimantan Timur sudah mulai dilakukan sejak Jumat (7/9) kemarin.

Sambut Kedatangan Jemaah Haji Asal Samarinda, Kemenag Siapkan 11 Bus
TRIBUN KALTIM/ANJAS PRATAMA
Jemaah haji saat berada di Asrama Haji Balikpapan beberapa waktu lalu. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Kepulangan jemaah haji asal Kalimantan Timur sudah mulai dilakukan sejak Jumat (7/9) kemarin.

Jemaah haji Balikpapan menjadi kloter pertama yang tiba di Bandara Internasional SAMS Balikpapan. Sementara jemaah haji asal ibukota Kaltim, Samarinda dijadwalkan tiba di Balikpapan pada 10 September mendatang.

"Ya, tanggal 10 September. Artinya, kami berharap jemaah haji seluruhnya bisa kembali dalam keadaan sehat. Informasi yang kami terima dari ketua kloter jemaah haji, jemaah haji Samarinda masih dalam keadaan sehat," ucap Kepala Kemenag Samarinda Masdar Amin, Jumat (7/9).

Baca: Erick Thohir, Bos Mahaka Group dan Pemilik Inter Milan yang Jadi Ketua TKN Jokowi-Maruf

Untuk agenda penyambutan, panitia dari Kemenag Samarinda akan berangkat ke Embarkasi Haji Balikpapan dalam dua hari ke depan. "Kami berangkat Minggu malam (9/9)," ujarnya.

Sesuai jadwal kepulangan, 450 jemaah haji asal Samarinda yang masuk kloter 3 tersebut baru akan tiba di Balikpapan pada Senin dini hari sekitar pukul 03.00 WITA.

Setelah agenda penyambutan tersebut, jemaah haji nantinya akan dikumpulkan di Samarinda, tepatnya di GOR Sempaja Samarinda.

Baca: 14 Tahun Dalang Pembunuhan Munir Belum Ditindak, Ini Pesan Setara Institute untuk Pemerintah

"Ya, jemaah dikumpulkan di GOR Sempaja Samarinda pada hari Selasa. Setelah itu, diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing. Agenda pelepasan di GOR Sempaja itu dilakukan siang hari," kata Masdar Amin.

Sementara untuk pemulangan dari Balikpapan-Samarinda, Kemenag Kota Samarinda menyiapkan 11 bus sebagai moda transportasi. 10 bus untuk jemaah haji, sisanya 1 sebagai cadangan.

Baca: Peringati 1 Suro, Keraton Solo Kirab Kebo Bule Sejauh 7 KM

Secara total, ada 2.593 jemaah haji asal Kaltim yang berangkat ke Tanah Suci tahun ini. Jumlah tersebut berkurang 2 slot dari kuota awal yakni 2.595, dikarenakan ada dua jemaah calon haji yang tutup usia saat berada di Embarkasi Haji Balikpapan. (*)

Penulis: Anjas Pratama
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved