Ibadah Haji 2018

Jemaah Haji Balikpapan Tiba di Tanah Air, Satu jemaah meninggal, 9 Jemaah Sakit

Jemaah haji kloter 1 asal Balikpapan tiba di Balikpapan serelah menempuh perjalanan kurang lebih 9 jam dari Jedah.

Jemaah Haji Balikpapan Tiba di Tanah Air, Satu jemaah meninggal, 9 Jemaah Sakit
HO
Almarhum Tewe, pada saat pelepasan Haji di Masjid Balikpapan Islamic Centre beberapa waktu lalu. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Jemaah haji kloter 1 asal Balikpapan tiba di Balikpapan serelah menempuh perjalanan kurang lebih 9 jam dari Jedah. Tercatat 1 jemaah haji meninggal lantaran jatuh di hotel. Jemaah yang meninggal bernama Tewe, warga Gunung Bahagia, Balikpapan Selatan berusia 81 tahun.

Kabar duka tersebut diungkapkan Sutadi, Petugas Pelaksanaan Haji Indonesia (PPHI) Kota Balikpapan saat tiba di Bandara Internasional SAMS, Sepinggan Balikpapan, Jumat (7/9).

Sutadi menyebutkan ada sembilan jemaah haji sakit dan harus dibawa menggunakan ambulans ke Embarkasi Batakan, Balikpapan. Pelaksanaan haji tahun ini, khususnya jemaah haji asal Balikpapan berjalan lancar. Walau pun ada beberapa jemaah yang harus dirawat dan meninggal.

Baca: Jemaah Haji Balikpapan Tiba di Bandara Sepinggan, Ini Ritual Jemaah setelah Turun dari Pesawat

"Almarhum Tewe meninggal ketika sudah melaksanakan semua rangkaian ibadah haji, ia sempat dirawat namun sudah keluar, namun saat di hotel terjatuh," kata Sutadi. Tewe meninggal hari Rabu (5/9). Alamarhum sudah dikebumikan di Mekkah, Arab Saudi.

Sutadi pun menceritakan, bahwa terjadi badai angin di Mekkah, namun tidak menghalangi rangkaian ibadah haji para jemaah Balikpapan. "Bersyukur bisa kembali ke Tanah Air. Semua ibadah berjalan lancar," kata Sutadi.

Sementara, sembilan orang jemaah haji langsung mendapatkan perawatan khusus dari Tim Kesehatan PPHI Kota Balikpapan. Mereka dibawa menggunakan kursi roda dan memakai alat bantu pernafasan.

Baca: Erick Thohir, Bos Mahaka Group dan Pemilik Inter Milan yang Jadi Ketua TKN Jokowi-Maruf

Sutadi, pendamping haji Balikpapan mengatakan ada beberapa jemaah yang firujuk ke RSUD Balikpapan.

"Jemaah yang sakit langsung dirujuk ke RSUDaerah untuk mendapatkan perawatan, kondisinya ada yang mengalami penyakit jantung, dan ada juga yang kecapean. Jumlah jemaah yang sakit ada 9 orang," kata Sutadi.

Sementara, Sandjoyo, Ketua Kloter 1 Jemaah Haji Balikpapan mengatakan jumlah jemaah haji asal Balikpapan sebanyak 455 orang, meninggal 1 orang.

"Saat pulang ada yang sakit dan memang harus dirawat, ada pula jemaah yang di ba'dalkan yakni Sri Tomoh dan Fatimah, pada saat wujuf di Arafah dan ibadah Mina, semua berjalan lancar," kata Sandjoyo.

Baca: Sambut Kedatangan Jemaah Haji Asal Samarinda, Kemenag Siapkan 11 Bus

Jemaah yang harus mendapatkan perawatan saat tiba di bandara yakni Tirdan, berusia 72 tahun yang mengalami kelelahan. "Selama di Mekkah malah drop kecapean, ini haji pertama saya. Di pesawat tadi juga mendapatkan alat bantu," kata Tirdan. (*)

Penulis: Siti Zubaidah
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved