RUU Ekonomi Kreatif Dibahas Berdampak Positif Bagi Kaltim

Basis ekonomi kreatif bila ingin dijadikan ujung tombak perekonomian bagi masyarakat Kaltim perlu adanya namanya kelembagaan dan finansial.

RUU Ekonomi Kreatif Dibahas Berdampak Positif Bagi Kaltim
TRIBUN KALTIM/BUDI SUSILO
Workshop Aplikasi Bisma Terkait Periset Ekonomi Kreatif Demi Peningkatan Kapasitas di Hotel Jatra Balikpapan, Jl Jenderal Sudirman Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur pada Sabtu (8/9/2018) siang. 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co Budi Susilo

TRIBUNKALTIM.CO BALIKPAPAN - Basis ekonomi kreatif bila ingin dijadikan ujung tombak perekonomian bagi masyarakat Kalimantan Timur (Kaltim) perlu adanya namanya kelembagaan dan finansial.

Langkah ini perlu ada sinergi semua pihak dari pemerintah pusat, daerah dan masyarakat.

Demikian mengemuka dalam hajatan Workshop Aplikasi Bisma Terkait Periset Ekonomi Kreatif Demi Peningkatan Kapasitas di Hotel Jatra Balikpapan, Jl Jenderal Sudirman Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur pada Sabtu (8/9/2018) siang.

Dijelaskan oleh pemateri, Hetifah Sjafudian Wakil Ketua Komisi X DPR RI kepada Tribunkaltim.co menjelaskan secara suprastruktur dalam peningkatan gairah pengembangan ekonomi kreatif di Kaltim.

"Harus ada sinergi. Mesti ada kelembagaan dan finansial. Kan ini juga lagi tinggu Rancangan Undang-undang Ekonomi Kreatif," ungkapnya.

Blak-blakan, Akhirnya Kartika Putri dan Habib Usman Bicara soal Pernikahan

Ekonomi kreatif yang ada di Kalimantan Timur jika dibandingkan dengan Pulau Jawa memang dimaklumi, masih dianggap kurang ramai.

Pernah ada survei yang dilakukan oleh badan kreatif atau Bekraf Indonesia, aktivitas ekonomi kreatif dominasi di Pulau jawa.

Namun, kata Hetifah, sejauh ini masyarakat di Kalimantan Timur memiliki potensi dalam pengembangan ekonomi kreatif seperti di Balikpapan ada beberapa pameran-pameran yang berbasis kuliner.

Hal ini menjadi keunggulan ekonomi kreatif serta mampu merangsang pasar. Walaupun produknya sama-sama, tapi kalau dites dibandingkan ada nilai tambahnya, tidak kalah saing. 

Halaman
1234
Penulis: Budi Susilo
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved