Mancanegara

Korut Didesak Patuhi Perjanjian Singapura

Salah satu isi kesepakatannya antara lain komitmen negeri komunis itu melucuti program senjata nuklir di Semenanjung Korea.

Korut Didesak Patuhi Perjanjian Singapura
TodayOnline/Reuters
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un berjabat tangan dengan Presiden AS, Donald Trump 

TRIBUNKALTIM.CO, PYONGYANG - Legislator top China meminta Korea Utara segera mengimplementasikan perjanjian dengan Amerika Serikat ( AS) di Singapura.

Li Zhanshu dikirim Presiden Xi Jinping untuk menghadiri parade militer peringatan 70 tahun berdirinya Korut di Pyongyang, Minggu (9/9). Li adalah satu dari tujuh anggota Komite Politbiro Utama Partai Komunis China (CPC), dewan tertinggi yang berkuasa di Negeri "Panda" itu.

Pada 12 Juni di Hotel Capella Singapura, Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korut Kim Jong Un yang menghasilkan beberapa kesepakatan.

Salah satu isi kesepakatannya antara lain komitmen negeri komunis itu melucuti program senjata nuklir di Semenanjung Korea.

Dilansir Xinhua via AFP Senin (10/9), Li menyatakan pemerintah China sangat berkomitmen terhadap denuklirisasi.

"Kami sangat menghargai upaya yang dilakukan Republik Demokratik Rakyat Korea (nama resmi Korut) dalam menciptakan perdamaian dan stabilitas kawasan," ujar Li.

Dia melanjutkan dengan menyuarakan harapan agar baik pemerintah Korut maupun AS sama-sama menghormati hasil kesepakatan Singapura.

Lebih lanjut, Li melanjutkan dia membawa surat dari Presiden Xi kepada Kim bahwa CPC dengan teguh berusaha memelihara hubungan China-Korut.

Pasca-pertemuan bersejarah itu, kemajuan proses pelucutan senjata nuklir maupun rudal balistik Korut dilaporkan begitu sedikit. Trump menuduh hambatan tersebut dikarenakan China, yang merupakan sekutu utama Korut, sengaja membuat rumit relasi AS-Korut.

Namun pada peringatan 70 tahun, Korut tidak menyertakan rudal balistik antar-benua (ICBM) yang menuai apresiasi dari Trump. (*)

Artikel ini sudah tayang di kompas.com dengan judul China Desak Korut Patuhi Perjanjian Singapura yang Dibuat dengan AS https://internasional.kompas.com/read/2018/09/10/14112301/china-desak-korut-patuhi-perjanjian-singapura-yang-dibuat-dengan-as

Editor: Ahmad Bayasut
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved