Inflasi Mencapai 1 Juta Persen, Presiden Venezuela Datangi China Minta Bantuan Ini

Perjalanan Maduro ke China merupakan kunjungan luar negeri pertamanya, sejak dia diduga menjadi sasaran target ledakan pesawat

(FOTO REUTERS)
Presiden Nicolas Maduro 

TRIBUNKALTIM.CO, CARACAS - Presiden Venezuela Nicolas Maduro berangkat ke China pada Rabu (12/9/2018) untuk mencari kesepakatan kerja sama guna meningkatkan ekonomi negara yang sedang ambruk.

AFP mewartakan, Maduro menyebut kunjungan tersebut sangat diperlukan dan dipenuhi dengan harapan besar.

"Kami akan meningkatkan, memperluas, dan memperdalam hubungan dengan kekuatan dunia yang besar," katanya dalam pidato yang disiarkan di televisi.

Perjalanan Maduro ke China merupakan kunjungan luar negeri pertamanya, sejak dia diduga menjadi sasaran target ledakan pesawat tanpa awak pada acara parade militer di Caracas, 4 Agustus lalu.

Seperti diketahui, pemerintahan yang dipimpin Maduro secara besar-besaran telah melakukan devaluasi terhadap mata uang nasional.

Langkah itu merupakan bagian untuk menghentikan perekonomian yang bakal terjun bebas menuju hiperinflasi.

Dana Moneter Internasional (IMF) bahkan memproyeksikan laju inflasi Venezuela akan mencapai 1.000.000 persen pada akhir tahun ini.

Sementara, ratusan ribu penduduk Venezuela telah melarikan diri dari negaranya, sebagian besar dari mereka sampai ke negara Amerika Latin yang berdekatan.

Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) mencatat, produksi minyak mentah Venezuela sementara jatuh pada Agustus 2018 menjadi 1,4 juta barel per hari, turun 21.000 barel pada bulan sebelumnya.

Pemerintah Venezuela mengaitkan manajemen yang buruk dari perusahaan raksasa minyak negara PDVSA, yang telah terperangkap dalam berbagai kasus korupsi.

[Veronika Yasinta]

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Atasi Masalah Ekonomi, Presiden Venezuela Berangkat ke China",

Sumber: Kompas.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved