Halau Serangan Rudal Houthi, Arab Saudi Beli Penangkis Udara Iron Dome dari Israel

Pemerintah Arab Saudi dikabarkan telah membeli sistem pertahanan misil Iron Dome dari Israel demikian situs berita Al-Khaleej Online.

Halau Serangan Rudal Houthi, Arab Saudi Beli Penangkis Udara Iron Dome dari Israel
PBS
Senjata pertahanan udara Iron Dome buatan Israel. 

TRIBUNKALTIM.CO, RIYADH-- Pemerintah Arab Saudi dikabarkan telah membeli sistem pertahanan misil Iron Dome dari Israel demikian situs berita Al-Khaleej Online mengutip sejumlah sumber diplomatik.

Sumber-sumber diplomatik itu menyebutkan Arab Saudi bisa meyakinkan Israel untuk menjual sistem pertahanan itu lewat mediasi AS dalam pertemuan rahasia di Washington DC.

Sumber-sumber itu mengatakan, Arab Saudi tak hanya menginginkan konvergensi politik dengan Israel.

Arab Saudi juga ingin mencapai level di mana negeri itu bisa secara publik membeli persenjataan Israel seperti yang dilakukan Uni Emirat Arab.

Kabar pembelian sistem pertahanan ini semakin memperkuat sinyal pendekatan antara kedua negara.

Sistem pertahanan bergerak untuk pertahanan udara Israel disebut dengan Iron Dome. Teknologi inilah yang dibeli oleh Arab Saudi dari Israel.
Sistem pertahanan bergerak untuk pertahanan udara Israel disebut dengan Iron Dome. Teknologi inilah yang dibeli oleh Arab Saudi dari Israel. (abcNews)

Beberapa waktu lalu, panglima angkatan bersenjata Israel Jenderal Gadi Eisenkot dalam wawancara dengan harian Elaph menyebut, Israel siap membagi informasi intelijen soal Iran dengan Saudi.

Selain itu, seorang mantan perwira senior AD Israel mengungkapkan, dia telah menggelar dengan dua orang emir Saudi.

VIDEO- Uji Coba Iron Dome

Video Pilihan Dalam pertemuan tersebut, kedua emir Saudi menegaskan kerajaan itu sudah tak lagi menganggap Israel sebagai musuh.

Kerajaan itu dilaporkan berusaha membeli sistem pertahanan pada bulan Januari, laporan Swiss Basler Zeitung.

"Keduanya ingin menahan ambisi regional Iran," tulis jurnalis koran Swiss, Pierre Heumann, yang berbasis di Tel Aviv, dalam artikel tentang hubungan militer Saudi-Israel.

Iron Dome saat melepas rudal misil anti-missil yang diluncurkan dari tabung bergerak.
Iron Dome saat melepas rudal misil anti-missil yang diluncurkan dari tabung bergerak. (Military Edge)

Proksi Iran - Houthi- telah meluncurkan rudal balistik di ibu kota Arab Saudi, bandara dan di kediaman raja.

Arab Saudi dan Amerika Serikat menuduh rezim Iran mempersenjatai Houthi dengan misil dan bantuan militer untuk mengguncang wilayah tersebut.

Rafael Advanced Defense Systems, yang memproduksi sistem Iron Dome, telah berulang kali membantah laporan penjualan rudal Iron Dome ke Arab Saudi(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Arab Saudi Dikabarkan Beli Sistem Pertahanan "Iron Dome" dari Israel", https://internasional.kompas.com/read/2018/09/17/21103091/arab-saudi-dikabarkan-beli-sistem-pertahanan-iron-dome-dari-israel.
Penulis : Ervan Hardoko
Editor : Ervan Hardoko

Editor: Priyo Suwarno
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved