Pesawat Mata-mata Rusia, Diduga tak Sengaja Ditembak Jatuh oleh Pasukan Suriah

Pesawat militer pengintai Ilyushin Il-20 Rusia hilang dari radar, Senin (17/9/2018), diduga tak sengaja ditembak jatuh pasukan Suriah.

Pesawat Mata-mata Rusia, Diduga tak Sengaja Ditembak Jatuh oleh Pasukan Suriah
via Radio Free Europe
Pesawat Rusia Ilyushin Il-20. 

TRIBUNKALTIM.CO, WASHINGTON DCPesawat militer pengintai Ilyushin Il-20 Rusia yang hilang dari radar pada Senin (17/9/2018) malam tak sengaja ditembak jatuh sekutunya sendiri, Suriah.

Kabar itu diungkapkan seorang pejabat Amerika Serikat (AS) yang memahami insiden tersebut, sebagaimana diberitakan CNN pada Selasa (18/9/2018).

Pejabat anonim itu mengatakan, jatuhnya Il-20 setelah sistem pertahanan Suriah melakukan serangan balasan kepada jet tempur Israel.

Empat jet tempur F-16 itu menggelar serangan di Provinsi Latakia.  Saat membalas itulah, pesawat Il-20 yang membawa 14 personel terhantam.

Pesawat Rusia Ilyushin Il-20.
Pesawat Rusia Ilyushin Il-20. (via Radio Free Europe)

Washington memahami insiden itu setelah Suriah menyiarkan panggilan radio frekuensi internasional permintaan penyelamatan.

AS kemudian menerima pesan langsung dari sebuah negara mengenai jenis pesawat yang ditembak serta situasi penembakan.

Pejabat itu tak menjelaskan negara mana yang memberikan detil pesawat. Namun, kuat dugaan negara yang menjabarkannya adalah Rusia.

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan pesawat buatan Uni Soviet itu menghilang di Laut Mediterania, 35 kilometer dari pantai Suriah.

Pesawat itu ditembak pukul 23.00 waktu setempat. Pejabat Kremlin menuturkan, jatuhnya Il-20 merupakan "insiden kritis tak terduga".

Pesawat mata-mata Ilyushin Il-20
Pesawat mata-mata Ilyushin Il-20 (retrieved from arms-expo.ru)

Dalam pernyataannya, Kemenhan Rusia menyebut ada negara yang membantu Israel menyerang Latakia yang merupakan basis Presiden Bashar al-Assad.

Halaman
12
Editor: Priyo Suwarno
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved