Tingkatkan Transaksi, Bank Syariah Berebut Dana Murah Haji

Sehingga dengan semakin banyaknya dana haji yang dikelola maka akan menurunkan biaya dana dari bank syariah.

Tingkatkan Transaksi, Bank Syariah Berebut Dana Murah Haji
TRIBUN KALTIM/ANJAS PRATAMA
Jemaah haji saat berada di Asrama Haji Balikpapan beberapa waktu lalu. 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Beberapa bank syariah pada tahun ini memperebutkan dana haji yang diperkirakan mencapai Rp 110 triliun sampai akhir 2018. Dana haji ini diperkirakan masih akan bertambah menjadi Rp 120 triliun pada tahun depan.

Tak hanya bank umum syariah, unit usaha syariah juga berusaha meningkatkan dana kelolaan haji. Hal ini karena dana ini akan masuk dana murah (CASA) bank syariah.

Sehingga dengan semakin banyaknya dana haji yang dikelola maka akan menurunkan biaya dana dari bank syariah.

Namun pada akhir tahun ini, dana haji yang ditempatkan di bank syariah dibatasi maksimal 50%. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang No.34 tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Haji yang mengamanatkan 50% dana haji harus ditempatkan di instrumen investasi.

John Kosasih Direktur Utama BCA Syariah mengatakan, saat ini dana haji yang dikelola BCA Syariah sebanyak 2.000 rekening.

"Sedangkan yang telah konfirmasi mendapatkan porsi adalah lebih dari 150 rekening," kata John kepada kontan.co.id, Rabu (19/9).

Jika diasumsikan per nasabah menyetor Rp 24 juta, maka dana kelolaan haji BCA Syariah mencapai lebih dari Rp 48 miliar.

Dengan dana murah yang lebih banyak dari dana haji diharapkan bisa meningkatkan kapabilitas transaksi dan kenyamanan nasabah.

Terkait dengan alokasi dana haji untuk investasi, menurut BCA Syariah memang perlu untuk mengoptimalkan dana yang sudah ada. Sejauh ini, BCA Syariah telah menjadi Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS BPIH).

Direktur unit usaha syariah Bank Sinarmas, Halim Liem mengatakan sampai akhir 2018 diperkirakan akan ada 600 tabungan haji milik nasabah.

Pada Selasa (18/9), UUS Bank Sinarmas telah resmi meluncurkan tabungan haji. "Dengan mengasumsikan per nasabah menyetor Rp 24 juta maka total dana kelolaan sampai akhir 2018 adalah Rp 14,4 miliar," kata Halim, Selasa (18/9).

Untuk mengoptimalkan dana haji, Bank Sinarmas sedang mengajukan ke OJK terkait fungsi lebih tinggi di atas penempatan dan pengelolaan dana haji. (*)

Artikel ini sudah tayang di kontan.co.id dengan judul Bank syariah rebutan dana murah dari kue bisnis dana haji https://keuangan.kontan.co.id/news/bank-syariah-rebutan-dana-murah-dari-kue-bisnis-dana-haji

Editor: Ahmad Bayasut
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved