Mancanegara

Pendaki Ditemukan dalam Kondisi Lemas Setelah Hilang Selama 7 Hari

Terakhir kali, dia mengirim status di WeChat pada pukul 10.05. Setelah itu, teman-temannya tidak lagi bisa menghubunginya.

Pendaki Ditemukan dalam Kondisi Lemas Setelah Hilang Selama 7 Hari
ASIA ONE
Stanley Kho berhasil diselamatkan setelah hilang selama 7 hari di Gunung Singai, Sarawak, Malaysia. 

TRIBUNKALTIM.CO, BAU - Penduduk desa di Sarawak, Malaysia, menemukan seorang pendaki di lereng Gunung Singai yang dinyatakan hilang selama 7 hari.

Asia One mengabarkan pada Senin (24/9), Stanley Kho (22) ditemukan dalam keadaan lemah pada Minggu (23/9) sekitar pukul 08.40 waktu setempat.

Asisten direktur operasi Departemen Kebakaran dan Penyelamatan Sarawak, Tiong Ling Hii, mengatakan penduduk desa mendengar tangisan minta tolong dari Stanley. Kemudian, mereka segera menghubungi pihak berwenang.

"Anggota tim penyelamat berupaya untuk mengeluarkannya dari lereng yang curam," katanya. Kho dilaporkan hilang sejak 17 September lalu, ketika dia memutuskan untuk mendaki gunung sendirian.

Terakhir kali, dia mengirim status di WeChat pada pukul 10.05. Setelah itu, teman-temannya tidak lagi bisa menghubunginya.

Empat temannya kemudian mendaki gunung untuk mencarinya, namun gagal menemukan keberadaannya.

Sebanyak 300 orang terlibat dalam pencariannya, termasuk dengan mengerahkan pesawat tanpa awak atau drone.

The Borneo Post mewartakan, seorang penduduk desa bernama Mohamad Fitri mengatakan, istrinya sedang mencuci piring sekitar pukul 07.30 saat mendengar tangisan minta tolong.

"Saya masih tertidur, kemudian dia membangunkan saya dan bilang apa yang dia dengar," katanya.

"Lalu saya memanggil adik ipar saya, Ledie Ng, untuk memeriksa area sekitar rumah dan kami mendengar suara tangisan," ucapnya.

Stanley ditemukan hanya dengan mengenakan pakaian dalam dan menderita sejumlah luka pada tangan serta kakinya. Dia dilarikan ke rumah sakit di Kuching untuk mendapat perawatan. (*)

Artikel ini sudah tayang di kompas.com dengan judul Hilang 7 Hari di Gunung Singai Malaysia, Pemuda Ditemukan Selamat https://internasional.kompas.com/read/2018/09/24/19291801/hilang-7-hari-di-gunung-singai-malaysia-pemuda-ditemukan-selamat

Editor: Ahmad Bayasut
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved