Sedekah Bareng Kalimantan

1.000 Anak Yatim Piatu Dapat Santunan dari Komunitas Sedekah Bareng Kalimantan

Selain mendengarkan tausiyah, anak-anak yatim piatu ini juga mendapat beragam hadiah dari kuis-kuis yang digelar.

1.000 Anak Yatim Piatu Dapat Santunan dari Komunitas Sedekah Bareng Kalimantan
Tribun Kaltim/Rafan A Dwinanto
Komunitas Sedekah Bareng Kalimantan (Sebarkan) memberikan bingkisan kepada seribuan anak di Samarinda dan sekitarnya. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Sekitar seribuan anak memadati Ruang Anggi, Islamic Center Samarinda, Sabtu (22/9/2018) lalu. Mereka ini tampak tertib dan rapi mengenakan busana muslimah. Anak-anak ini merupakan penerima santunan di acara Milad ke-1, Komunitas Sedekah Bareng Kalimantan (Sebarkan).

Selain mendengarkan tausiyah, anak-anak ini juga mendapat beragam hadiah dari kuis-kuis yang digelar. Anak-anak yang bisa menjawab pertanyaan seputar nama-nama Allah (Asmaul Husna), hingga nama-nama malaikat, akan mendapat hadiah tambahan. "Kami ingin berbagi kebahagiaan dengan anak yatim hari ini," kata Ketua Panitia Milad ke-1, Sebarkan, Ida Sumarni.

Seribu anak yang mendapat santunan di Milad ke-1, Sebarkan ini berasal dari berbagai panti asuhan di seputar Samarinda. "Ada dari Maluhu Tenggarong, Palaran, Lempake, dan seputar Samarinda. Mereka yang yatim berusia 15 tahun ke bawah, dan dhuafa, kami santuni," ungkap Ida.

Ida menuturkan, komunitas Sebarkan mulanya hanya diinisiasi oleh lima wanita. Mereka merupakan ibu-ibu yang anaknya berada pada satu sekolah. Baru berusia setahun, kini Sebarkan sudah memiliki sekitar 100 anggota.

"Kita ini mulanya ibu-ibu yang anaknya satu sekolah. Kemudian kita inisiatif apa nih yang bisa dilakukan selain kumpul-kumpul dan ngobrol-ngobrol. Akhirnya terbentuklah Sebarkan, ini," kata Ida.

Tiap Jumat, komunitas Sebarkan selalu melakukan aktivitas sosialnya. Mulai bertandang ke panti asuhan, rumah tahfiz, memberi bantuan korban kebakaran, hingga menjenguk mereka, kaum tak berpunya yang tengah terbaring, sakit. "Kunjungan kita setiap Hari Jumat," papar Ida.(*)

Penulis: Rafan Dwinanto
Editor: Fransina Luhukay
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved