Angkasa Pura I Naikkan Tarif Mendarat Pesawat di 13 Bandara, Ini Sebabnya

Angkasa Pura I melakukan penyesuaian tarif pelayanan jasa pendaratan, penempatan, pesawat udara (PJP4U), chek in counter dan garbarata.

Angkasa Pura I Naikkan Tarif Mendarat Pesawat di 13 Bandara, Ini Sebabnya
Tribun Kaltim/Fachmi Rachman
Ilustrasi - Suasana chek ini Lion Air masih dipadati penumpang di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Senin (25/6/2018). Meski puncak arus balik terjadi 24 Juni lalu, tapi masih terlihat ramai penumpang 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Muhammad Fachri Ramadhani

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN -  Angkasa Pura I melakukan penyesuaian tarif pelayanan jasa pendaratan, penempatan, pesawat udara (PJP4U), chek in counter dan garbarata.

"Kenaikan sekitar 15 persen," kata Sulkan selaku Vice President Aeronautical Business Angkasa Pura I, Jumat (28/9/2018).

Lebih lanjut, kenaikan itu berlaku bagi 13 bandara di bawah naungan Angkasa Pura I. Terhitung sejak tanggal 1 Oktober 2018. "Tarifnya sudah ditetapkan Kemenhub," tuturnya.

"Kami sudah lakukan sosialisasi di pusat terhadap penerbangan intenasional dan domestik. Memahami mereka. Tak ada penolakan," jelasnya.

Tiket Piala Dunia Bakal Diraih Timnas U-16 Indonesia Jika Menang 1 Laga Lagi

Penyesuaian tarif tersebut bukan tanpa sebab.

Kondisi perekonomian negara yang belum stabil, ditambah menguatnya dollar. Menuntut BUMN, tak terkecuali Angkasa Pura membantu pemerintah untuk mengembalikan neraca keseimbangan perekonomian.

"Tugas BUMN meningkatkan perekonomian, mau tak mau dilakukan. Penyesuain tarif jadi upaya kami," ujarnya.

Alot. . . Proses Penentuan Kursi Wagub DKI antara PKS dan Partai Gerindra

Investasi mencapai Rp 18,8 triliun juga jadi faktor pihaknya menyesuaikan tarif baru pada 2018. Untuk diketahui, terakhir kali AP I melakukan penyesuaian pada tahun 2009.

"Regulasinya 2 tahun sekali harus dilakukan penyesuaian. AP 1 sejak 2009, belum ada penyesuaian tarif," bebernya.

AP I juga melakukan koordinasi dengan Bank Indonesia, apakah penyesuaian yang mereka lakukan berdampak pada inflasi. Namun, dari hasil analisa BI menyatakan hal itu tak berdampak signifikan terhadap inflasi.

Reka Ulang Kasus Pembunuh Pasutri di Gunung Samarinda, Warga Teriak Hukum Mati Saja!

"Lagipula kami tak hanya memungut. Kami mengembalikan kepada airlens, dengan insentif, airlens menambah frekuensi, rute baru, kita beri free landing 100 persen selama setahun," ungkapnya.

Sementara, Iwan Libere, Senior Manager Komersial Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, mengatakan penyesuaian tarif sesuai dengan kategori dan type pesawat. Penyesuain tarif mulai dari 15 persen hingha 24 persen.

Viral! Terapi Facial Bisa Menularkan Virus HIV, Hoax atau Fakta?

Liga 1 Dihentikan, Mario Gomez Cari Lawan Tanding Selevel untuk Persib Bandung

"Misal Airbus 330, di bawah 50 ton beratnya. Sekali pendaratan saat ini Rp 1,6 juta, setelah penyesuaian Rp 1,8 juta," ungkapnya. (*)

Penulis: Muhammad Fachri Ramadhani
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved