Pasukan dan 40 Kendaraan Tempur Turki Mulai Memasuki Kawasan Pemberontak di Suriah

Konvoi militer Turki, Rabu (3/10/2018), memasuki wilayah barat laut Suriah yang dikuasai pemberontak.

Pasukan dan 40 Kendaraan Tempur Turki Mulai Memasuki Kawasan Pemberontak di Suriah
AFP / TURKISH ARMED FORCES
Foto yang dirilis Pasukan Bersenjata Turki memperlihatkan tentara Turki didampingi kendaraan lapis baja berpatroli di kota Manbij di Suriah utara, Senin (18/6/2018). 

TRIBUNKALRTIM.CO, ANKARA-- Konvoi militer Turki, Rabu (3/10/2018), memasuki wilayah barat laut Suriah yang dikuasai pemberontak menjelang tenggat waktu pembentukan zona penyangga antara pemberontak dan tentara pemerintah.

Setidaknya 40 kendaraan perang, termasuk truk dan kendaraan angkut personel, terlihat bergerak perlahan ke arah selatan di jalan raya di tengah kegelapan.

Pasukan ini nantinya akan ditempatkan di "pos-pos observasi" yang sudah disiapkan Turki di kawasan kekuasaan pemberontak di provinsi Idlib dan Aleppo.

Foto yang dirilis Pasukan Bersenjata Turki memperlihatkan tentara Turki didampingi kendaraan lapis baja berpatroli di kota Manbij di Suriah utara, Senin (18/6/2018).
Foto yang dirilis Pasukan Bersenjata Turki memperlihatkan tentara Turki didampingi kendaraan lapis baja berpatroli di kota Manbij di Suriah utara, Senin (18/6/2018). (AFP / TURKISH ARMED FORCES)

Lembaga Pemantau HAM Suriah (SOHR) mengatakan, kendaraan-kendaraan militer itu ke berbagai pos pemantauan di sisi barat daya Idlib.

Bulan lalu, Moskwa dan Ankara sepakat untuk membangun zona demiliterisasi di wilayah kekuasaan pemberontak untuk mencegah ancaman serangan pasukan pemerintah.

Semua milisi bersenjata di zona demiliterisasi harus menarik persenjataan berat mereka paling lambat pada 10 Oktober.

Selain itu, kelompok-kelompok radikal juga harus meninggalkan kawasan tersebut pada 15 Oktober.

Selanjutnya, pasukan Turki dan polisi Rusia yang akan mengawasi zona demiliterisasi itu.

Kelompok yang dominan di kawasan itu Hayat Tahrir al-Sham (HTS), sebuah aliansi yang dipimpin para mantan anggota Al Qaeda, belum memberikan respon.

Sementara kelompok pemberontak pro-Turki, Front Pembebasan Nasional (NLF), menyambut kesepakatan itu tetapi merasa keberatan dengan keberadaan pasukan Rusia di zona tersebut.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Militer Turki Mulai Masuki Kawasan Zona Penyangga di Suriah", https://internasional.kompas.com/read/2018/10/03/16302241/militer-turki-mulai-masuki-kawasan-zona-penyangga-di-suriah.
Penulis : Ervan Hardoko
Editor : Ervan Hardoko

Editor: Priyo Suwarno
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved