Enam Hari Pasca Gempa, di Petobo Ditemukan 5 Korban Masih Hidup 81 Tewas

Dalam kejadian di Petobo, sudah dievakuasi, ada lima orang yang ditemukan hidup, dan 81 orang meninggal dunia

Enam Hari Pasca Gempa, di Petobo Ditemukan 5 Korban Masih Hidup 81 Tewas
KOMPAS.com/ROSYID A AZHAR
Warga Kelurahan Petobo, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu, Sulawesi Tengah, mengangkuti barang yang masih bisa diselamatkan dari rumah-rumah mereka yang terendam lumpur yang keluar dari perut bumi pasca-gempa bermagnitudo 7,4. 

TRIBUNKALTM.CO, JAKARTA-- Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi 86 korban gempa dan tsunami di Petobo, Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (4/10/2018).

Dari jumlah tersebut, lima orang dilaporkan dalam kondisi hidup, dan 81 meninggal dunia. Seluruhnya ditemukan di bawah reruntuhan bangunan komplek perumahan tersebut.

"Untuk kejadian di Petobo, sudah dievakuasi, ada lima orang yang ditemukan hidup, dan 81 orang meninggal dunia," kata Sekretaris Ditjen Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Rina Agustin Indriani, dalam sebuah diskusi di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Utan Kayu, Jakarta Timur, Jumat (5/10/2018).

Mengenai identitas dan kondisi kelima korban itu, Rini mengatakan, belum ada laporan lebih lanjut.

Petobo merupakan salah satu kawasan yang terdampak gempa paling parah.

Warga Kelurahan Petobo, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu, Sulawesi Tengah, mengangkuti barang yang masih bisa diselamatkan dari rumah-rumah mereka yang terendam lumpur yang keluar dari perut bumi pasca-gempa bermagnitudo 7,4.
Warga Kelurahan Petobo, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu, Sulawesi Tengah, mengangkuti barang yang masih bisa diselamatkan dari rumah-rumah mereka yang terendam lumpur yang keluar dari perut bumi pasca-gempa bermagnitudo 7,4. (KOMPAS.com/ROSYID A AZHAR)

Wilayah Petobo berada di jalur sesar Palu Koro, atau jalur terjadinya gempa.

Menurut Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, kemungkinan ada ratusan korban jiwa yang terdampak gempa di Petobo.

Namun, BNPB belum dapat menyampaikan jumlah korban di kawasan tersebut. Hingga saat ini, proses pendataan masih terus dilakukan.

"Ada kemungkinan terkuburnya dia tertimpa bangunan-bangunan," ujar Sutopo.

Gempa bermagnitudo 7,4 SR dan tsunami melanda sejumlah wilayah di Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/2018) pukul 17.02 WIB.

Presiden Joko Widodo mengunjungi lokasi yang rusak akibat gempa bumi di kawasan Petobo, Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (3/10/2018). Kunjungan tersebut untuk melihat penanganan pascagempa dan tsunami Palu dan Donggala terkait evakuasi, listrik, BBM, logistik, dan penanganan korban luka-luka.
Presiden Joko Widodo mengunjungi lokasi yang rusak akibat gempa bumi di kawasan Petobo, Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (3/10/2018). Kunjungan tersebut untuk melihat penanganan pascagempa dan tsunami Palu dan Donggala terkait evakuasi, listrik, BBM, logistik, dan penanganan korban luka-luka. (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Akibat bencana tersebut, BNPB mencatat 1.571 orang meninggal dunia. Selain itu, terdapat 2.549 korban luka berat sampai saat ini masih dirawat di rumah sakit, baik di Palu maupun di luar Palu. Adapun korban hilang mencapai 113 orang.

Hingga saat ini, proses evakuasi dan pencarian masih terus dilakukan. Bantuan juga terus disalurkan untuk 70.821 pengungsi yang tersebar di 141 titik. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Hari Pasca-gempa, 5 Orang Ditemukan Hidup di Bawah Puing Bangunan", https://nasional.kompas.com/read/2018/10/05/20280381/6-hari-pasca-gempa-5-orang-ditemukan-hidup-di-bawah-puing-bangunan.
Penulis : Fitria Chusna Farisa
Editor : Inggried Dwi Wedhaswary

Editor: Priyo Suwarno
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved