Rute Terganggu, Motoris Kelotok Mengeluh Banyak Kapal Besar Berjangkar di Teluk Balikpapan

Warga yang bekerja sebagai motoris kelotok dan speedboat mengeluhkan banyaknya kapal yang berjangkar perairan Teluk Balikpapan.

Rute Terganggu, Motoris Kelotok Mengeluh Banyak Kapal Besar Berjangkar di Teluk Balikpapan
TRIBUN KALTIM/ARIS JONI
Sejumlah kapal besar yang berjangkar di perairan Teluk Balikpapan. 

Rute Terganggu, Motoris Kelotok Mengeluh Banyak Kapal Besar Berjangkar di Teluk Balikpapan

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Aris Joni

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Warga yang bekerja sebagai motoris kelotok dan speedboat mengeluhkan banyaknya kapal yang berjangkar didalam wilayah lalu lintas perairan Teluk Balikpapan, Selasa (9/10/2018).

Seorang motoris kelotok, Abdul Hamid mengatakan, dirinya mengeluhkan semakin banyaknya kapal yang berjangkar di dalam perairan Teluk Balikpapan.

Diakuinya kapal yang berjangkar tersebut semakin bertambah semenjak kejadian kebakaran di perairan Teluk Balikpapan akibat bocornya pipa PT Pertamina beberapa waktu lalu.

"Dulu tidak sebanyak saat ini, kalau sekarang puluhan sudah yang berjangkar," ujarnya.

Ditanya Kabar Rencana Pernikahan Maia Estianty, Begini Reaksi Ahmad Dhani

Dia menambahkan, akibat banyaknya kapal yang berjangkar tersebut, dirinya semakin berhati-hati mengemudikan kapal kelotoknya.

Pasalnya, untuk rute Penajam - Balikpapan, dirinya harus menghindari kapal-kapal besar yang berjangkar di laut Balikpapan tersebut.

"Sekarang kita takut-takut mas mengemudikan kelotok. Soalnya, pandangan tertutup karena banyak kapal yang melindungi rute," keluhnya.

Terpisah, seorang motoris speedboat, Arpan menjelaskan, banyaknya kapal besar yang berjangkar di perairan Teluk Balikpapan ini cukup membahayakan baginya.

Kebagian Shift Kerja di Malam Hari Bikin Kamu Kurang Tidur? Terapkan 9 Cara Ini

Pasalnya, terkadang saat melewati depan atau belakang kapal besar tersebut, dirinya merasa takut sewaktu-waktu ada speedbat atau kelotok yang juga muncul dari depan atau belakang kapal.

"Cukup membahayakan. Rute kita terlindung. Apalgi kalau kita lewat depan atau belakang kapal, takutnya ada juga muncul kelotok atau speedboat dari sisi itu. Bisa tabrakan," ucapnya.

Konsistensi AC Milan, Tak Terkalahkan di Liga Italia dan Europa!

Tanpa Ayah dan Ibu, Begini Potret Kehidupan Keanu Putra Almarhum Adjie Massaid dan Angelina Sondakh

Dirinya berharap, pemerintah yang memberikan izin kapal yang berjangkar tersebut dapat meminta agar kapal besar itu tidak berjangkar terlalu dalam di Teluk Balikpapan, karena akan mengganggu alur transportasi laut warga baik speedboat, kelotok maupun perahu nelayan.

Ini Alasan Mahfud MD Tak Hadir Diundang ILC Bahas Kasus Hukum Ratna Sarumpaet

"Mungkin pemerintah bisa mengizinkan kapal berjangkar agak keluar laut, jadi rute kita tidak terlindung dan nggak mengganggu jalur transportasi laut warga," harapnya. (*)

Penulis: Aris Joni
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved