Rusia Membikin Belgorod, Kapal Selam Modern Terbesar Bertenaga Nuklir Dilengkapi Kolam Renang

Rusia membikin kapal selam bertenaga nuklir diberi nama Belgorod, sekaligus mengaktifkan kembali pangkalan di Lingkaran Arktik.

Rusia Membikin Belgorod, Kapal Selam Modern Terbesar Bertenaga Nuklir Dilengkapi Kolam Renang
chinatopix
Belgorod selama perbaikan. 

TRIBUNKALTIM.CO, MOSKOW-- Kapal selam pertama tercatat sudah dicetuskan oleh warga negara Inggris bernama William Bourne pada 1578.

Meski demikian, penggunaan kapal selam pertama tercatat dilakukan oleh ahli Belanda bernama Cornelis Drebbel pada 1620. Namun, sejarah mencatat bahwa perkembangan kapal selam identik dengan kepentingan militer.

Setiap negara berlomba mengembangkan teknologi kapal selam untuk kepentingan pertahanan, begitu pula dengan Rusia. Rusia mengembangkan kapal selam yang unik dan berbeda.

Kapal selam rusia ini didesain tanpa mengharuskan kendaraan itu mengisi bahan bakar saat berada di bawah permukaan laut.

Kapal selam bernama Yasen dan Borei buatan Rusia bisa mengarungi lautan dengan energi yang berasal dari nuklir untuk bisa menggerakkan mesinnya.

Setelah mengembangkan proyek itu, Rusia juga mengembangkan kapal selam terbesar di dunia. Tak henti-hentinya Rusia selalu berinovasi menciptakan kendaraan besar dan canggih dalam proyek kapal selamnya. Terbesar Rusia akhirnya berinovasi untuk membuat kapal selam terbesar dunia.

Dilansir dari National Interest, Rusia mengembangkan kapal ini untuk menambah perangkat tempurnya di sektor laut.

Belgorod selama perbaikan.
Belgorod selama perbaikan. (chinatopix)

Selain itu, Rusia juga memanfaatkan kapal selam yang diberi nama "Belgorod" ini untuk mengaktifkan kembali pangkalan di Lingkaran Arktik. Kapal selam dengan tenaga nuklir ini juga dapat digunakan sebagai kapal pemecah es.

Dalam rancangannya, Belgorod akan mampu mempelajari relief dasar laut Arktik Rusia untuk mencari kandungan mineral di kedalaman laut, serta menjadi titik komunikasi bawah laut.

Belgorod akan dilengkapi sauna, kolam renang, gym, hingga ruang khusus merokok — fasilitas yang tidak dimiliki kapal selam nuklir lainnya di dunia.

Halaman
12
Editor: Priyo Suwarno
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved