Raih 4 Kali WTP, Bontang Terima Penghargaan Kemenkeu, Ini Pesan Neni kepada Birokrat

Pengelolaan keuangan Pemkot Bontang di bawah kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota Neni Moerniaeni-Basri Rase sangat baik.

Raih 4 Kali WTP, Bontang Terima Penghargaan Kemenkeu, Ini Pesan Neni kepada Birokrat
IST
PENGHARGAAN - Kabid Pembinaan Akuntansi dan Pelaporan Keuangan, Kanwil Dirjen Pembendaharaan Kaltim Muksin menyerahkan piagam penghargaan kepada Pj Sekdakota Bontang Agus Amir atas keberhasilan Pemkot Bontang mempertahankan Opini WTP dari BPK 4 tahun berturut-turut. 

TRIBUNKALTIM.CO, BONTANG - Pengelolaan keuangan Pemkot Bontang di bawah kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota Neni Moerniaeni-Basri Rase sangat baik. Terbukti, selama kurun 4 tahun berturut-turut sejak 2015, Pemkot Bontang berhasil membukukan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Atas pencapaian tersebut, Pemkot Bontang mendapat apresiasi berupa penghargaan langsung dari Kementerian Keuangan. Penghargaan ini diserahkan Kabid Pembinaan Akuntansi dan Pelaporan Keuangan, Kanwil Direktorat Jenderal Pembendaharaan (DJPb) Kaltim Muksin kepada Pj Sekretaris Daerah Kota Bontang Agus Amir, pekan lalu.

Selain Bontang, sejumlah daerah yang sukses meraih dan mempertahankan predikat `rapor hijau' dari BPK secara berturut-turut selama 4 tahun juga mendapat piagam khusus dari Kemenkeu.

Baca: Beroperasi sejak Februari 2018, Beginilah Kondisi Mesin Parkir Meter di Balikpapan

Walikota Bontang Neni Moerniaeni mengungkapkan penghargaan dari Kemenkeu merupakan bukti bahwa roda pemerintahan dan pembangunan sudah berjalan on the track. Sesuai regulasi serta visi misi pemerintah pusat dan daerah. Penghargaan tertinggi untuk tata kelola keuangan ini tentunya tak terlepas dari kinerja para aparatur.

Birokrasi dituntut agar mampu membukukan laporan keuangan dengan baik setiap tahunnya. Walikota Neni memang senantiasa mengingatkan para birokratnya agar berhati-hati dalam pengelolaan anggaran.

Arahan orang nomor satu di Bontang ini berbuah manis. Kemenkeu mengapresiasi kinerja aparatur di lingkungan Pemkot Bontang karena berhasil mempertahankan opini WTP dari BPK empat kali secara beruntun.

Baca: Piala AFC U-19 2018 - Kalah dari Qatar, Indra Sjafri Tegaskan Mental Anak Asuhnya Tak Turun

"Ini merupakan bukti nyata keberhasilan Pemkot Bontang yang telah melaksanakan APBD secara transparan, akuntabilitas dan bermanfaat untuk kepentingan seluruh masyarakat Kota Taman," ujar Neni Moerniani usai menerima plakat opini WTP dari BPK pada Mei lalu.

Komitmen untuk terus mempertahankan opini WTP menjadi tuntutan seluruh aparatur di lingkungan pemerintah. Tak terkecuali. Neni menginginkan roda pemerintahan yang dipimpinnya bergerak dengan `lurus'.

Menurut mantan Ketua DPRD Bontang periode 2009-2014 ini, anggaran pelanggaran administrasi menjadi kewajiban di lingkungan birokrasi. "Pembenahan-pembenahan harus terus dilakukan, jangan sampai nanti opini kita bisa turun jadi WDP. Tentu kita semua tidak ingin seperti itu, yang jelas kita harus tetap saling support antara OPD di lingkungan Pemkot Bontang, agar Pemkot Bontang semakin lebih baik lagi ke depannya," paparnya.

Kabid Pembinaan Akuntansi dan Pelaporan Keuangan, Kanwil Dirjen Pembendaharaan Kaltim Muksin mengingatkan agar Pemkot Bontang tidak terlena dengan capaian opini WTP dari BPK. Sebaliknya, keberhasilan tersebut diharapkan jadi motivasi untuk terus meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan dan belanja daerah untuk kesejahteraan rakyat.

Baca: Terus Berkomunikasi Meski Beda Klub, Akankah Sahabat Ronaldo di Madrid Menyusul ke Juventus?

"Kami harap Pemkot Bontang tidak terlena dengan penghargaan atau predikat yang telah diraih, sebab penghargaan WTP ini bukanlah tujuan akhir yang akan dicapai dalam pengelolaan keuangan pemerintah daerah, tapi justru sebagai acuan dan tolok ukur untuk meraih penghargaan WTP selanjutnya," pungkas Muksin saat menyerahkan piagam perhargaan kepada Pj Sekdakot Bontang Agus Amir. (*)

Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved