Hari Ini 15 Tahun Lalu, Pesawat Legenda Supersonik Concorde Berakhir Dramatis

Mereka menyebutnya dengan nama "Concorde" yang dianggap bisa melaju dengan kecepatan yang luar biasa.

Flickr
Pesawat komersial supersonic Concorde 

Hari Ini 15 Tahun Lalu, Pesawat Legenda Supersonik Concorde Berakhir Dramatis

TRIBUNKALTIM.CO - Teknologi kedirgantaraan selalu berkembang dari waktu ke waktu. Setiap negara berusaha untuk mengembangkannya, baik melalui inovasi sendiri atau bekerja sama dengan pihak lain.

Salah satu hasil pengembangan itu adalah pembuatan pesawat supersonik yang mampu terbang dengan kecepatan luar biasa. Tercatat, kecepatan pesawat supersonik itu mampu melebihi kecepatan suara.

Namun, hari ini 15 tahun yang lalu, tepatnya pada 24 Oktober 2003 pesawat supersonik bernama " Concorde" harus mengakiri masa kejayaan.

Pesawat yang dioperasikan oleh pihak Inggris dan Perancis itu berhenti beroperasi. Sebagai salah satu pesawat supersonik komersial di dunia, Concorde berada pada urutan terdepan mengenai teknologi kedirgantaraan.

Menginginkan kecepatan

Pada era 1950-an, beberapa negara di Eropa dan Amerika Serikat menginginkan sebuah pengembangan teknologi supersonik untuk penerbangan.

Perwakilan pihak dirgantara tiap negara berusaha mengembangkan proyeknya masing-masing untuk segera bisa dipamerkan ke masyarakat. Prototipe pesawat ini akhirnya bisa dikembangkan oleh Inggris dan Perancis.

Mereka menyebutnya dengan nama "Concorde" yang dianggap bisa melaju dengan kecepatan yang luar biasa.

Dilansir dari The Telegraph, Concorde menjalani uji terbang perdana pada 1969. Uji coba itu disaksikan jutaan orang melalui televisi hitam-putih mereka.

Halaman
12
Editor: Achmad Bintoro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved