Ramai di Medsos Gangguan Hantu Pokpok di Tenda Pengungsi, BPBD Palu: Belum Terima Laporan

Ramai dibicara di medsos tentang hantu popok, Pihak BPBD Palu menegaskan belum pernah terima laporan soal gangguan hantu itu.

Ramai di Medsos Gangguan Hantu Pokpok di Tenda Pengungsi, BPBD Palu: Belum Terima Laporan
TRIBUN KALTIM / NALENDRO PRIAMBODO
Bantuan masyarakat terus berdatangan, termasuk pakaian layak pakai bantuan masyarakat yang menumpuk di posko pengungsian. Posko ini direncanakan akan berlangsung selama seminggu. Pemkot Balikpapan telah menganggarkan sejumlah bangunan diantaranya biaya sewa rumah, pengungsi menganggap bantuan ini mampu mempercepat penataan kehidupan baru mereka. 

TRIBUNKALTIMCO, PALU-- Pengungsi di Mamboro, Palu Utara, Sulteng, korban gempa magnitudo 7,4 dan tsunami yang masih tinggal di tenda pengungsian dikejutkan suara aneh dari dalam hutan.

Mereka mengaku mendengar suara-suara aneh dari arah hutan saat malam.

Mereka menduga suara ini adalah hantu pokpok yang mereka percaya masih ada di pinggiran perkampungan.

“Suara ribut bersahutan terdengar hingga di tenda tempat saya mengungsi,” kata Aan Irawan, warga Mamboro. Dia yang meminta tolong kepada sia[pa saja untuk mengusir hantu pokpok, Rabu (24/10/2018).

Aan Irawan menyampaikan pengalaman yang dialaminya ini di media sosial Facebook dan langsung mendapat komentar dari banyak netizen.

Unggahan seorang warganet tentang gangguan suara hantu popok menakutkan para pengungsi yang berdiam di tenda-tenda pengungsian di wilayah pinggiran kota Palu.
Unggahan seorang warganet tentang gangguan suara hantu popok menakutkan para pengungsi yang berdiam di tenda-tenda pengungsian di wilayah pinggiran kota Palu. (capture facebook/kompas.com)

“Anak-anak kecil tidak tenang dan terganggu tidurnya, mereka nakalimaya (menangis terus),” kata Aan Irawan seperti dikutip dalam group Facebook Info Kota Palu.

Irawan mengaku sudah berusaha untuk menangkal suara hantu pokpok ini dengan menggosokkan bawang merah di telapak kaki anak-anak, namun usahanya ini tidak berhasil.

Netizen pun menanggapi dengan beragam komentar, mulai dari yang menyarankan untuk membaca ayat suci, menaburkan garam, hingga mengusir dengan bambu kuning. Sebagai informasi, pokpok merupakan hantu yang ditakuti warga Palu.

Hantu ini dianggap bisa terbang dan suka memangsa bayi yang baru lahir atau orang yang sedang sakit.

Suara yang membuat ketakutan pengungsi di Mamboro ini hingga saat ini belum bisa dikonfirmasi. Bisa jadi suara tersebut merupakan suara hewan liar yang aktif pada malam hari (nokturnal).

Ramna (33) warga Petobo Kota Palu sedang mencuci alat masak di pengungsian. Ia selamat dari bencana likuefaksi setelah dimuntahkan bumi.
Ramna (33) warga Petobo Kota Palu sedang mencuci alat masak di pengungsian. Ia selamat dari bencana likuefaksi setelah dimuntahkan bumi. (KOMPAS.com/ROSYID AZHAR)
Halaman
12
Editor: Priyo Suwarno
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved