Presiden Sebut Kapasitas Bandara APT Pranoto Layak Diperluas hingga 3 Kali Lipat

Dalam peresmian bandara APT Pranoto Samarinda, Kamis (25/10/2018), Presiden memerintahkan dalam 2 minggu kedepan sudah ada penerbangan keluar Kaltim.

Presiden Sebut Kapasitas Bandara APT Pranoto Layak Diperluas hingga 3 Kali Lipat
Tribun Kaltim/Nevrianto
Presiden Joko Widodo meresmikan bandara APT Pranoto dan bandara Maratua, Kamis (25/10/2018) 

Presiden Sebut Kapasitas Bandara APT Pranoto Layak Diperluas hingga 3 Kali Lipat

TRIBUNKALTIM.CO - Presiden Joko Widodo menugaskan Kementerian Perhubungan untuk dapat segera membuka rute baru di bandara APT Pranoto Samarinda.

Bahkan, dalam peresmian bandara APT Pranoto Samarinda dan bandara Maratua Berau di bandara APT Pranoto Samarinda, Kamis (25/10/2018), Presiden memerintahkan dalam dua minggu kedepan sudah ada penerbangan keluar Kaltim.

"Dua bulan itu kelamaan, saya minta maksimal dua minggu sudah ada penerbangan dari Samarinda ke Jakarta atau sebaliknya. Terserah pesawatnya apa, yang penting ada penerbangan, karena memang ini dibutuhkan masyarakat Samarinda dan sekitarnya," ucap Presiden Joko Widodo, Kamis (25/10/2018).

Jokowi Minta Ada Rute dari APT Pranoto ke Jakarta, Kadishub Kaltim: Kita kejar Angkasa Pura

Resmikan Bandara APT Pranoto, Jokowi Perintahkan Menhub Dalam 2 Minggu Ada Penerbangan Ke Jakarta

Selain itu, orang nomor satu di Republik ini juga meminta untuk segera dilakukan pengembangan terminal bandara, yang saat ini berukuran 12 ribu meter persegi menjadi 36 ribu meter persegi, guna dapat menampung mencapai 5 juta orang per tahun, karena saat ini baru dapat 1,5 juta penumpang.

"Kalau dilihat dari potensinya, dengan terminal saat ini tidak mungkin cukup menampung penumpang sampai 5 juta orang, dan harus dilakukan pengembangan," jelasnya.

Selain itu, dengan adanya bandara di kepulauan Derawan, yakni bandara Maratua, diharapkan potensi wisata yang ada semakin berkembang, dengan banyaknya wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang.

"Dengan adanya bandara Maratua, yang dibangun penuh oleh Kemenhub, hal ini bisa menjadi titik pertumbuhan ekonomi baru," ucap pria yang akrab disapa Jokowi itu.

 
Mulai Besok Angkasa Pura 1 ikut Kelola Bandara APT Pranoto, 3 Rute ini jadi Target Awal

Pesawat Boeing Pertama Mendarat Mulus di Bandara APT Pranoto

"Dan, konektivitas antar daerah berupa pembangunan bandara, jalan tol, pelabuhan dan jalur kereta api ini penting, untuk mobilisasi barang dan orang, tapi bukan hanya untuk urusan ekonomi, tapi konektivitas untuk mempersatukan bangsa kita yang besar ini," tambahnya.

Kalimantan Timur, bakal dibawa oleh Presiden sebagai contoh, agar daerah lain juga dapat melakukan pembangunan jalur transportasi.

"Bandara ini inisiatif daerah, pusat hanya dorong sedikit anggaran, Kaltim akan saya bawa menjadi percontohan bagi daerah lain," tutup Presiden. (*)

Artikel ini telah tayang di tribunkaltim.co dengan judul Resmikan Bandara APT Pranoto, Jokowi Perintahkan Menhub Dalam 2 Minggu Ada Penerbangan Ke Jakarta, 

Editor: Doan Pardede
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved