Para Fans Keberatan Lukisan Almarhum Pemusik Gombloh Dijadikan Atribut Politik

Fans pemusik mendiang Gombloh protes kepada Sandiaga Salahudin Uno, tak rela gambar Gombloh dijadikan antribut kampanye.

Para Fans Keberatan Lukisan Almarhum Pemusik Gombloh Dijadikan Atribut Politik
KOMPAS.com/GHINAN SALMAN
Calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Salahuddin Uno ziarah ke makam Gombloh di tempat pemakaman umum Tembok Gede, Surabaya, Minggu (21/10/2018). 

TRIBUNKALTIM.CO, SURABAYA-- Kunjungan cawapres nomor urut 2, Sandiagap Salahudin Uno, ke makam penyanyi Gombloh di kompleks pemakaman umum Tembok Gede Surabaya, Minggu (21/10/2018) lalu, berbuntut protes.

Fans Gombloh tidak berkenan dengan atribut yang dibawa pendukung Sandiaga, berupa lukisan Gombloh yang mengenakan topi dengan gambar angka 2.

Lukisan Gombloh memakai topi bergambar angka 2 itu dibawa pendukung Sandiaga sepanjang ziarah.

"Keluarga dan fans Gombloh keberatan dengan lukisan tersebut, karena figur Gombloh secara tidak langsung dibawa-bawa sebagai media kampanye pilpres," kata Guruh Dimas Nugroho, koordinator Fans Gombloh, dikonfirmasi, Kamis (25/10/2018).

Istri dan anak Gombloh memang sempat dihubungi saat Sandiaga akan berziarah ke makam Gombloh. Namun saat itu keluarga hanya menyambut di depan lokasi makam.

Calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Salahuddin Uno ziarah ke makam Gombloh di tempat pemakaman umum Tembok Gede, Surabaya, Minggu (21/10/2018).
Calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Salahuddin Uno ziarah ke makam Gombloh di tempat pemakaman umum Tembok Gede, Surabaya, Minggu (21/10/2018). (KOMPAS.com/GHINAN SALMAN)

"Kalau hanya sekadar ziarah kami senang, karena publik diingatkan dengan figur Gombloh melalui kunjungn Sandiaga ke makam Gombloh," ucapnya.

Dia juga memprotes pernyataan Sandiaga yang menyebut Gombloh pejuang ekonomi kreatif.

Menurut dia, sebutan itu mengaburkan figur Gombloh sesungguhnya, yakni seniman musik yang nasionalis dan humanis.

"Kalau hanya sekadar pejuang ekonomi kreatif, figur Gombloh disamakan dengan pelaku usaha atau pedagang. Ini sangat bertolak belakang dengan figur Gombloh sesungguhnya," terang pentolan Grup Musik Sekaring Jagad ini.

Dalam safari politiknya ke Jawa Timur pekan lalu, Sandiaga Uno menyempatkan diri berziarah ke makam legenda pemusik Gombloh.

Halaman
12
Editor: Priyo Suwarno
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved