Hari Sumpah Pemuda

Hari Sumpah Pemuda - Bukan WR Supratman, Inilah Pelantun Lagu Indonesia Raya Pertama Kalinya

Dalam Kongres Pemuda II yang melahirkan Sumpah Pemuda, orang lebih mengenal WR Supratman. Orang pertama yang menyanyikan lagu Indonesia Raya

Hari Sumpah Pemuda - Bukan WR Supratman, Inilah Pelantun Lagu Indonesia Raya Pertama Kalinya
Kolase Intisari/Istimewa
Hari Sumpah Pemuda - Bukan WR Supratman, Inilah Pelantun Lagu Indonesia Raya Pertama Kalinya 

Hari Sumpah Pemuda - Bukan WR Supratman, Inilah Pelantun Lagu Indonesia Raya Pertama Kalinya

TRIBUNKALTIM.CO - Dalam Kongres Pemuda II yang melahirkan Sumpah Pemuda, orang lebih mengenal Wage Rudolf Supratman (WR Supratman) komposer sekaligus pencipta lagu kebangsaan Indonesia.

Jarang sekali yang tahu siapa orang pertama yang menyanyikan lagu Indonesia Raya itu. Jangankan tahu, bertanya pun, barangkali tidak.

Dialah Dolly Salim—nama aslinya Theodora Athia Salim—putri pahlawan nasional yang fasih berbicara menggunakan banyak bahasa, Agus Salim.

Bagi Dolly, tanggal 28 Oktober 1928 yang merupakan Hari Sumpah Pemuda merupakan hari yang tak akan pernah ia lupakan.

Seperti dikutip dari Historia.id, bersama salah seorang rekannya dari Minahasa, Johana Tumbuan, Dolly merupakan sedikit pemudi yang hadir dalam kongres yang diselenggarakan di Jl. Kramat Raya No 106 Jakarta itu.

Saat itu, Dolly masih berusia 15 tahun.

Meski awalnya menolak, karena merasa secara umur belum masuk kategori pemuda, Dolly akhirnya mau mengikuti ajakan teman-temannya.

Saat itu, Dolly mewakili organisasi kepanduan National Indonesische Padvinderij (Natipij) yang berada di bawah naungan Jong Islamieten Bond (JIB). Waktu itu, Haji Agus Salim menjabat sebagai penasibat di organisasi tersebut.

Setelah menghasilkan keputusan-keputusan yang sangat penting untuk meneruskan perjuangan kemerdekaan Indonesia, Kongres Pemuda II akhirnya ditutup dengan memperdengarkan lagu Indonesia Raya. W.R. Supratman, si pencipta lagu, mengiringi lagu itu dengan biola ikoniknya.

Halaman
1234
Editor: Alfiah Noor Ramadhany
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved