Berita Pemkab Kutai Barat

Dikenal Hingga Mancanegara, Yayuk Imbau Perajin Kubar Jaga Kualitas Produk

Kerajinan khas Kubar diantaranya, tenun doyo, badong, sulam tumpar dan anyaman rotan.

Dikenal Hingga Mancanegara, Yayuk Imbau Perajin Kubar Jaga Kualitas Produk
HUMAS PEMKAB KUBAR
Ketua Dekranasda Kubar Yayuk Seri Rahayu Yapan saat melihat hasil kerajinan kayu yang dibuat perajin Kubar. 

SENDAWAR - Perkembangan kerajinan di Kutai Barat (Kubar), sudah semakin maju dan mampu bersaing di pasaran. Ini dibuktikan dengan produk kerajinan yang dipamerkan para perajin sangat bagus.

Diantaranya, tenun doyo, badong, sulam tumpar dan anyaman rotan.

Ketua Dekranasda Kubar Yayuk Seri Rahayu Yapan mengatakan perajin sudah berani berinovasi dan berkreasi dengan produk yang diolahnya.

“Inilah yang terus mendorong kepada perajin untuk berkarya, tetapi tidak meninggalkan ciri khas kerajinan dari produk itu sendiri,” ujar Yayuk saat meninjau kerajinan khas Kubar pada pameran HUT ke-19 Kabupaten Kubar, di stand Dekranasda Kubar Lamin Aoheng Kompleks Taman Budaya Sendawar Kelurahan Barong Tongkok, Senin (30/10).

Yayuk menambahkan selama ini keberadaan perajin mendapat perhatian dari Dekranasda. Pasalnya, kerajinan memiliki peran penting untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. “Untuk itu, Dekranasda terus melakukan pendampingan agar perajin bisa maju dan berkembang,” katanya.

Menurutnya, peranan kerajinan ini bisa dilihat dengan banyaknya pelaku industri kecil menengah (IKM) yang menghasilkan berbagai jenis produk. Keberadaannya mampu menopang ekonomi masyarakat. Kerajinan yang dihasilkan dapat menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat, khususnya para perajin.

Selama ini, Dekranasda Kubar sudah memberikan bantuan dan fasilitas bagi perajin yang sebagai pelaku IKM. Salah satunya, pendampingan dan pembinaan agar keberadaannya semakin maju,” ucapnya.

Dia mengimbau kepada para perajin terus meningkatkan produk kerajinannya dan harus menjaga kualitasnya. “Apalagi kerajinan khas Kubar sudah banyak yang kenal, baik di dalam dan luar Kaltim maupun mancanegara,” katanya. (*)

Editor: M Abduh Kuddu
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved