Bupati Boyolali Ikut Aksi Protes "Tampang Boyolali", Ini Tanggapan Sekjen PDI Perjuangan

Sebelumnya, sejumlah warga Boyolali menggelar aksi protes terhadap pidato capres nomor urut 02, Prabowo Subianto yang mengucap "Tampang Boyolali".

Bupati Boyolali Ikut Aksi Protes
(KOMPAS.com/LABIB)
Warga Boyolali membawa poster dan spanduk protes terhadap pidato Prabowo memadati ruangan di Balai Sidang Mahesa di Boyolali, Jawa Tengah, Minggu (4/11/2018). 

Bupati Boyolali Ikut Aksi Protes "Tampang Boyolali", Ini Tanggapan Sekjen PDI Perjuangan

TRIBUNKALTIM.CO - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menilai tidak ada yang salah dari sikap Bupati Boyolali, Seno Samodro, yang hadir dalam aksi protes " Tampang Boyolali".

Menurut Hasto, Seno sedang mengawal masyarakatnya.

"Apa yang dilakukan oleh Pak Seno masih wajar. Beliau mengawal rakyatnya," ujar Hasto melalui keterangan tertulis, Selasa (6/11/2018).

Bahkan, kehadiran Seno membuat aksi unjuk rasa berlangsung lebih tertib.

Protes dari masyarakat Boyolali terhadap pernyataan calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, soal "Tampang Boyolali" berlangsung damai.

Lagu Tampang Boyolali jadi Viral, Liriknya Beda sama Kamu Begitu Lahir Langsung Anak Orang Kaya

Polemik Tampang Boyolali, Prabowo: Sekarang Joke Harus Dibatasi, Saya Jadi Bingung Mau Bicara Apa

Menurut dia, seharusnya sikap Seno tidak perlu dipersoalkan. Sebaiknya, hal ini justru dijadikan pelajaran oleh Prabowo untuk memperbaiki komunikasinya.

"Apa yang dilakukan sebagai bagian pendidikan politik untuk disampaikan ke Pak Prabowo agar berhati-hati dalam berbicara dan jangan eksploitir kemiskinan rakyat hanya untuk tujuan kekuasaan politik," kata dia.

Sebelumnya, sejumlah warga Boyolali menggelar aksi protes terhadap pidato capres nomor urut 02, Prabowo Subianto yang mengucap "Tampang Boyolali".

Aksi tersebut berlangsung di Balai Sidang Mahesa Boyolali, Jawa Tengah, Minggu (4/11/2018). Polemik ini berawal dari viralnya video pidato Prabowo yang menyebutkan istilah "Tampang Boyolali".

Tanggapi Pidato Prabowo Subianto, Tagar #BoyolaliBermartabat Trending di Twitter

Fahri Hamzah Bela Pernyataan Prabowo tentang Tampang Boyolali, Begini Katanya

Awalnya, Prabowo membahas peningkatan kapasitas produksi karena menurut data yang mereka terima, terjadi penurunan kesejahteraan di desa. Adapun bunyi pidatonya sebagai berikut:

"...Dan saya yakin kalian nggak pernah masuk hotel-hotel tersebut, betul? (Betul, sahut hadirin yang ada di acara tersebut). Mungkin kalian diusir, tampang kalian tidak tampang orang kaya, tampang kalian ya tampang orang Boyolali ini."

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ikut Aksi Protes "Tampang Boyolali", Bupati Boyolali Disebut Hanya Mengawal Warganya"

Editor: Doan Pardede
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved