Hari Ini Pukul 02.35, Gempa Kembali Mengguncang Sulawesi, Warga Berhamburan Keluar Rumah

Warga Mamasa berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri saat guncangan keras gempa melanda. Mereka panik jika terkena reruntuhan rumahnya.

Hari Ini Pukul 02.35, Gempa Kembali Mengguncang Sulawesi, Warga Berhamburan Keluar Rumah
Thekidswindow
Ilustrasi. 

Hari Ini Pukul 02.35, Gempa Kembali Mengguncang Sulawesi, Warga Berhamburan Keluar Rumah  

TRIBUNKALTIM.CO - Saat kebanyakan warga terlelap tidur pukul 02.35 WITA, gempa berkekuatan magnitudo 5,5 mengguncang Mamasa, Sulawesi Barat.

Warga Mamasa berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri saat guncangan keras gempa melanda. Mereka panik jika terkena reruntuhan rumahnya.

Warga yang ketakutan langsung meningalkan rumah dan harta benda mereka sambil membawa anak-anak dan pakaian seadanya.

Para warga berhamburan ke luar rumah menuju jalan raya yang jauh dari bangunan. Saat gempa, infrastruktur jaringan listrik di kota itu padam total sehingga warga yang berhamburan keluar rumah tampak bingung mencari lokasi pengungsian yang aman untuk keluarga dan anak-anak mereka.

Mahasiswa dan Polisi Bentrok di Bandara Mamasa

Mirip Petobo, Desa di Jawa Barat Ini Juga Terancam Meleleh Saat Terjadi Gempa Bumi

Banyaknya warga yang panik dan mengungsi tengah malam membuat jalan-jalan di kota Mamasa macet.

Di sepanjang jalan terlihat ribuan warga berderet sambil mengendong anak-anak atau membawa sebagian harta benda atau barang-barang penting lainnya dari rumahnya.

Frendy, warga Mamasa yang ditemui Kompas.com, ikut mengamankan keluarganya saat gempa terjadi dini hari. Dia mengaku bingung lantaran listrik padam total. Selain itu, jaringan internet juga tak berfungsi dan membuat warga kesulitan untuk saling berkomunikasi.

“Lampu padam total saat gempa. Semalam dua kali dirasakan gempa keras, tapi paling keras yang pertama sekitar pukul 1.30,” jelas Frendy.

Sebagai catatan, kota Mamasa beberapa kali memang diguncang gempa dalam empat hari terakhir.

Peneliti LIPI Indikasikan Desa di Bandung Ini Bakal Alami Likuifaksi Jika Terjadi Gempa Bumi

Gempa Kembali Guncang Sulawesi, Sejumlah Bangunan Retak dan Belasan Siswa Pingsan Karena Panik

Banyaknya gempa yang terjadi membuat warga khawatir dan was-was, serta tidak dapat berkonsentrasi pada pekerjaannya sehari-hari.

BMKG mencatat gempa di Mamasa bermagnitudo 5,5 pukul 01:35:53 WIB, berlokasi 2,93 LS, 119,44 BT, 12 km dari Tenggara Mamasa, Sulbar, dengan kedalaman 10 Km.

Gempa dengan getaran cukup keras ini dirasakan warga hampir di semua wilayah kabupaten di Sulawesi Barat seperti di Polewali Mandar, Majene, Mamuju dan wilayah lainnya. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gempa Guncang Mamasa Pukul 02.35 Dini Hari, Warga Berhamburan Keluar Rumah"

Editor: Doan Pardede
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved