Ini Penjelasan Ustadz Abdul Somad Terkait Rebo Wekasan

Ustadz Abdul Somad membahas tentang tradisi umat Islam Indonesia pada hari Arba Mustakmir ini.

Ini Penjelasan Ustadz Abdul Somad Terkait Rebo Wekasan
Tribun Timur/Muhammad Abdiwan
Ustaz Abdul Somad tampil membawakan ceramah dalam Dzikir dan Tablig Akbar di Mesjid Al Markas Al Islami, Senin (26/3/2018). Tablig Akbar yang digelar Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan mengangkat tema Menjaga Keutuhan NKRI dalam Bingkai Ukhuwah Islamiyah dihadiri ribuan ummat muslim. 

Ini Penjelasan Ustadz Abdul Somad Terkait Rebo Wekasan

 

TRIBUNKALTIM.CO – Kata kunci atau keyword “Rabu Wekasan” atau “Rebo Wekasan” masuk dalam top keyword teratas di Google Trends Indonesia pada Selasa (6/11/ 2018).

Penjelasan Rabu Wekasan dari Wikipedia.org memiliki arti nama hari Rabu terakhir di bulan Safar pada Kalender lunar versi Jawa. Konon ini adalah hari datangnya 320.000 sumber penyakit dan marabahaya 20.000 bencana.

Menjelaskan hal itu, dipublikasikan melalui channel YouTube Nasehat Islam pada 2 Juni 2018, Ustadz Abdul Somad membahas tentang tradisi umat Islam Indonesia pada hari Arba Mustakmir ini.

Rabu Terakhir Bulan Safar, Inilah Tradisi Rebo Wekasan yang Diyakini Sebagian Masyarakat

Salah satunya, terkait apakah Rabu Wekasan dibolehkan atau tidak dalam Islam dan bagaimana hukumnya?

“Ziarah kubur di hari Rabu terakhir bulan Safar, boleh tidak? Ziarah kuburnya boleh, bagus saja itu. Lalu berdoa memohon kepada Allah agar kita dihindarkan dari segala musibah, ini juga boleh,” jelas Ustadz Abdul Somad.

Sementara terkait keyakinan Allah menurunkan ribuan musibah di hari Rabu terakhir Safar atau Arba Musta’mir, menurutnya itu tak ada haditsnya.

 “Itu menurut para ulama tasawuf, mereka dapat itu dari ilham bukan dari hadits Nabi Muhammad, tapi kalau mau berdoa meminta dihindarkan dari musibah, silakan saja. Mau berdoa sambil bertawasul kepada wali-wali Allah juga boleh,” katanya.

Teladan dari Ustadz Abdul Somad, Hidup Sederhana, dari Baju Koko hingga Rumah Ustadz Abdul Somad

Ditanya Pengalaman Pacaran di Mesir, Begini Jawaban Ustadz Abdul Somad yang Bikin Audiens Tertawa

Bertawasul adalah memakai atau menyebutkan nama para wali itu saat berdoa dengan harapan Allah akan mengabulkan doa kita berkat kemuliaan para wali Allah tersebut.

“Misalnya bertawasul dengan Wali Songo. Saat berdoa bilangnya begini: Ya Allah, berkat kemuliaan para wali-Mu ini, aku memohon kepada-Mu, dan seterusnya. Kalau ini boleh,” ujar Abdul Somad. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribun Timur dengan judul "Ustadz Abdul Somad membahas tentang tradisi umat Islam Indonesia pada hari Arba Mustakmir ini"  http://makassar.tribunnews.com/2018/11/06/rabu-wekasan-atau-rebo-wekasan-bolehkan-dilaksanakan-baca-pula-penjelasan-ustadz-abdul-somad?page=all

Editor: Anjas Pratama
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved